Tradisi Munggahan Menjelang Ramadan, Ternyata Banyak Manfaatnya

JABAR EKSPRES – Menjelang Ramadan banyak tradisi yang dilakukan masyarakat khususnya dipulau Jawa, salah satunya tradisi munggahan yang ternyata memiliki filososfi dan manfaat.

Tradisi munggahan memiliki aneka bentuk yang berbeda diberbagai daerah. Ada yang berupa makanbersama seluruh keluarga besar, atau makan berasama tetangga juga dengan berbagai komunitas dimasyarakat.

Setelah makan-makan bersama meraka akan saling bermaaf-maafan dan mendoakan agar bisa menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan lancar.

Baca juga : Mengintip Festival Munggahan di Cimahi, Antusiasme Tinggi Warga Beli Beras SPHP

Selain hanya makan-makan, ternyata tradisi ini juga memiliki beberapa manfaat, diantaranya :

1. Meningkatkan Kebersamaan

Tradisi  ini bisa mempererat hubungan antara tetangga dan kerabat, karena melibatkan saling berkunjung dan berbagi makanan.

2. Menghormati Sesama

Munggahan merupakan bentuk penghormatan kepada tetangga dan kerabat dengan saling berkunjung dan memberikan makanan.

3. Mempererat Hubungan Sosial dan Silaturahmi

Tradisi ini membantu memperkuat hubungan sosial antar tetangga dan kerabat, sehingga menciptakan lingkungan yang harmonis.

4. Mengajarkan Kepedulian

Melalui tradisi munggahan, masyarakat diajarkan untuk peduli dan saling membantu, terutama kepada mereka yang kurang mampu.

Tradisi munggahan dimasyarakat sering dilakukan dengan saling berbagi makanan, untuk dimakan besama.

Baca juga : Spesial Munggahan Klik Link DANA Kaget Rp100.000 Sekarang Juga!

Beberapa menu makanan yang disajikan biasanya makanan khas Ramadan seperti ketupat, opor ayam, kolak, atau makanan lainnya.

Mereka juga akan saling berkunjung ke rumah tetangga pada malam atau hari tertentu sebelum Ramadan. Keluarga akan saling berkunjung ke rumah tetangga dan kerabat untuk memberikan makanan khusus Ramadan yang sudah dipersiapkan.

Ada juga yang sengaja berbagi makanan, dan saling berbagi pengalaman, cerita, dan doa bersama.

Lalu mereka juga saling menerima kunjungan dari tetangga dan kerabat, hal ini salah satunya sebagai penghormatan kepada tetangga dan kerabat. Tradisi munggahan merupakan bentuk penghormatan kepada tetangga dan kerabat dengan saling berkunjung dan berbagi makanan menjelang Ramadan.

Tradisi munggahan memiliki nilai-nilai sosial dan kebersamaan yang tinggi, serta menjadi momen untuk mempersiapkan diri secara spiritual dan sosial menyambut bulan Ramadan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan