Warga Bogor Serahkan Sepasang Induk dan Anak Kukang ke BKSDA

JABAR EKSPRES – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Bogor Bidang KSDA Wilayah I menerima dua ekor Kukang dari warga.

Kedua Kukang itu diserahkan oleh Halim warga kampung Pasir Honje, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Bidang KSDA Wilayah I Bogor, Dzulchan Andika Surya menyampaikan, kedua kukang selanjutnya dibawa terlebih dahulu ke kandang translokasi di Bidang KSDA Wilayah I Bogor.

“Syukur induk dan anak kukang ini kondisinya baik dan sifatnya masih sangat liar,” ujarnya kepada Jabar Ekspres, Jumat (1/3).

BACA JUGA: Gelar Olah TKP, Polda Jabar Ungkap Motif Pelaku Habisi Nyawa Indriana

Berdasarkan hasil observasi, direncanakan kedua kukang ini terlebih dahulu akan dievakuasi sementara ke kandang translokasi Kantor Bidang KSDA Wilayah I Bogor Balai Besar KSDA.

“Nantinya akan dilepasliarkan sesegera mungkin,” paparnya.

Pada dasarnya, habitat Kukang Jawa diantaranya adalah perbatasan antara hutan dengan Areal Penggunaan Lain (APL) yang terdapat tegakan dan ketersediaan pakan.

BACA JUGA: FWD Insurance Berikan Pemahaman Mengenai Literasi Keuangan Kepada 2.000 Siswa

“Karenanya penting untuk diperhatikan bagi semua pihak, khususnya masyarakat  apabila menjumpai kukang di sekitar kebun atau perbatasan hutan dan pemukiman maka warga dapat menghalau serta menggiring kukang untuk kembali ke habitatnya agar tidak bersinggungan dengan aktivitas manusia di permukiman,” pungkasnya. (SFR).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan