Tingkatkan Literasi Digital, Aptiknas Mulai Perkuat Perkembangan Teknologi AI di Kota Bogor

JABAR EKSPRES – Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (Aptiknas) DPD Bogor menghelat kegiatan Digital Transformation Day di IPB International Convention Center (IICC), Botani Square, Kota Bogor pada Kamis, 22 Februari 2024.

Digital Information Day ini digelar untuk mendorong literasi digital di kalangan masyarakat dan juga merupakan bagian dari kerjasama dalam rangka memperkuat pemahaman akan teknologi digital.

Ketua Umum Aptiknas, Soegiharto Santoso menjelaskan, bahwa terselenggaranya kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari upaya kerjasama untuk meningkatkan literasi digital.

Kerjasama itu didukung oleh Microsoft Indonesia dan SiSTECH Kharisma yang memiliki pengalaman luas dalam bidang teknologi.

BACA JUGA : Pria Paruh Baya di Bogor Meninggal Dunia Usai Tersengat Tawon, Ini Kesaksian RT Setempat

“Ini adalah kesinambungan kerjasama untuk literasi digital. Tentu kita didukung juga oleh microsoft Indonesia, oleh SiSTECH Kharisma yang memang mempunyai pengalaman yang luar biasa,” kata Soegiharto saat ditemui Jabar Ekspres di lokasi acara.

Dirinya menilai, pentingnya media dalam memberikan informasi kepada masyarakat mengenai perkembangan teknologi.

“Tentu dengan adanya media bisa memberikan informasi kepada masyarakat supaya mengetahui,” tutur Hoky sapaanya.

Ditempat yang sama, Ketua Aptiknas DPD Bogor, Azka Bazil Danish Rahmat menambahkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan rutin yang selalu digelar oleh Aptiknas.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya menghadirkan sejumlah narasumber dari berbagai instansi. Mulai dari sektor pemerintahan, kesehatan, pendidikan dan ekonomi seperti koperasi.

Langkah itu sebagai upaya mendorong masifnya perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) dengan harapan dapat membantu masyarakat Bogor memahami dan mengadopsi perkembangan teknologi terbaru.

“Kami mengangkat sharing dan pendampingan teknologi informasi dan komunikasi. Hari ini yang kita angkat bagian dari Aptiknas yaitu AI,” ungkapnya.

Para peserta yang hadir diberikan edukasi terkait pentingnya kepemahaman teknologi diera digital, serta pentingnya mengikuti perkembangan teknologi tanpa takut tertinggal.

“Tentunya Pemkot Bogor harus melek kesitu, jadi gak usah ketakutan bahwa tren teknologi yang bagus, perkembangan teknologi yang baru kita harus mengikuti, jangan sampai pradigmanya negatif,” dorongnya.

Sementara itu, Partner Technology Strategist Microsoft, Amelia Alamasyah mengaku senang dapat berkolaborasi dengan Aptiknas dalam upaya mendorong literasi digital.

Tinggalkan Balasan