Waspada, Ini Macam-macam Virus yang Muncul saat Musim Hujan

JABAR EKSPRES – Musim hujan menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang, karena saat udara lembab akan banyak penyakit yang bisa menyerang. Hal ini karena munculnya berbagai virus saat musim hujan datang.

Virus sangat mudah berkembang biak pada udara lembab seperti saat musim hujan seperti sekarang ini. Dan banyak orang yang kondisinya turun saat sering terkena air hujan.

Karenanya ketika metabolisme tidak terjaga, virus akan sangat mudah masuk dalam jaringan tubuh manusia, dan menyebabkan berbagai penyakit.

Baca juga : Ancaman ‘Penyakit X’ Virus Baru yang Lebih Mematikan dari Covid-19

Berikut adalah beberapa virus yang cenderung meningkat selama musim hujan beserta bahaya dan potensi penyakitnya,

1. Virus Influenza

Bahaya dari Infeksi virus influenza dapat menyebabkan penyakit flu, yang dapat mengakibatkan komplikasi serius, terutama pada kelompok rentan seperti anak-anak kecil, orang tua, dan individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Potensi dari penyakit ini biasanya akan menajdi flu biasa, flu berat (termasuk pneumonia), sinusitis, hingga otitis media.

2. Virus Dengue

Infeksi virus dengue dapat menyebabkan demam berdarah dengue (DBD), yang dapat berujung pada kondisi medis yang mengancam nyawa jika tidak diobati dengan tepat.

Virus ini sangat berpotensi pada terjadinya demam berdarah dengue (DBD), demam biasa, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

3. Virus Chikungunya

Bahaya dari Infeksi virus chikungunya dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan demam berdarah dengue, termasuk demam tinggi, nyeri sendi yang parah, dan ruam kulit.

Selain Chikungunya, virus ini juga bisa menjadi arthritis post-infeksi.

4. Virus Norovirus

Penyakit Infeksi norovirus dapat menyebabkan gastroenteritis yang sangat menular, dengan gejala seperti mual, muntah, diare, dan nyeri perut yang parah.

Potensi paling membahayakan dari virus ini adalah Gastroenteritis akut, dehidrasi, keracunan makanan.

Baca juga : Virus Nipah Jadi Ancaman! Benarkah Akan Masuk ke Indonesia?

5. Virus Respiratori Syncytial (RSV)

Jika terkena infeksi RSV, maka dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas dan bawah yang serius, terutama pada bayi dan balita.

virus ini menyebabkan Bronchiolitis, pneumonia, radang tenggorokan, pilek.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan