Ancaman ‘Penyakit X’ Virus Baru yang Lebih Mematikan dari Covid-19

JABAR EKSPRES – Setelah berjuang menghadapi pandemi Covid-19, dunia kini menghadapi ancaman baru yang lebih menakutkan ‘Penyakit X’.

Para ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menggambarkannya sebagai penyakit x yang baru ini bahkan lebih mematikan dibandingkan Covid-19.

Penyakit baru Ini adalah peringatan serius bahwa pandemi baru bisa datang kapan saja, dan kita harus segera mempersiapkan diri.

Baca artikel lainnya: Virus Nipah Jadi Ancaman! Benarkah Akan Masuk ke Indonesia?

Kate Bingham, yang memimpin Satuan Tugas Vaksin Inggris selama setengah tahun terakhir pandemi, mengungkapkan bahwa ‘Penyakit X’ memiliki potensi lebih besar untuk menimbulkan ancaman mematikan.

Menurutnya, jumlah virus yang berkembang dan bermutasi dengan cepat sangat meningkat. Ada beberapa di antaranya yang bisa menjadi ancaman serius bagi manusia.

Saat ini, para ilmuwan telah mengidentifikasi 25 keluarga virus yang masing-masing memiliki ribuan virus individu. Semua ini memiliki potensi untuk berkembang menjadi pandemi berbahaya. Bahkan lebih mengkhawatirkan, diperkirakan masih ada sekitar satu juta virus yang belum terdeteksi yang dapat berpindah dari satu spesies ke spesies lain dan memiliki potensi membunuh jutaan manusia.

Meskipun pandemi Covid-19 telah menelan korban sebanyak 20 juta jiwa, kita masih memiliki keberuntungan dalam menangani pandemi ini.

Namun, ‘Penyakit X’ memiliki potensi untuk menyebabkan tingkat kematian yang sama tingginya seperti Ebola.

Ada tiga faktor utama yang memicu kemunculan ‘Penyakit X’ globalisasi, pertumbuhan populasi perkotaan yang berlebihan, dan deforestasi. Ketiga faktor ini menciptakan kondisi ideal bagi virus untuk berpindah antar spesies dan menyebar dengan cepat.

Baca artikel lainnya: Wabah Herpes Zoster Bukan Sekadar Virus Biasa! Berikut Cara Mencegahnya

Untuk menghadapi pandemi berikutnya, kita harus segera bersiap. Kita perlu mengembangkan serangkaian prototipe vaksin yang berbeda untuk setiap kelompok virus berpotensi yang kita ketahui sebelum pandemi berikutnya mengancam.

Dengan langkah awal ini, kita dapat merancang vaksin yang dapat menargetkan dengan sangat spesifik ciri-ciri ‘Penyakit X’. Hal ini sangat penting untuk melindungi masa depan kesehatan global kita.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan