Waspadai 5 Penyakit yang Sering Menyerang Setelah Idul Fitri

JABAR EKSPRES – Setelah perayaan hari raya Idul Fitri, dimana banyak orang merasa terbebas setelah menjalani sebulan puasa, sehingga banyak yang mengonsumsi makanan berlebihan. Akibatnya ada beberapa penyakit yang menyerang setelah Idul Fitri.

Beberapa penyakit tersebut kebanyakan diperngaruhi oleh pola konsumsi makanan tertentu secara berlebihan, misalnya makanan manis dengan kadar gula tinggi, seperti kue kering juga minuman-minuman manis. Sehingga rawan terserang penyakit setelah Idul Fitri.

Selain itu banyaknya menu lebaran yang mengandung santan dan lemak berlebihan juga bisa memperburuk kondisi kesehatan seseorang, yang sudah memiliki potensi penyakit tertentu.

Baca juga : IDUL FITHRI: Kembalinya Indentitas Sejati Manusia, Korelasi Antara Shaum Ramadhan dan Fithroh Manusia

Misalnya menu lebaran seperti opor ayam, rendang, gulai atau kari, dimana menggunakan bahan utama berupa santan, yang bisa juga diolah dengan dipanaskan hingga beberapa kali, hingga bisa menjadi penyebab utama kolesterok naik.

Berikut beberapa penyakit yang perlu diwaspadai bisa muncul setelah perayaan Idul Fitri, diantaranya :

1. Gangguan Pencernaan

Konsumsi makanan berlemak dan manis berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti mulas, perut kembung, diare, atau sembelit.

2. Kenaikan Berat Badan

Makanan tinggi gula dan lemak cenderung memiliki kandungan kalori yang tinggi. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan dan masalah terkait obesitas.

3. Penyakit Metabolik

Pola makan yang kaya lemak jenuh dan gula dapat meningkatkan risiko penyakit metabolik seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung hingga kolesterol.

Baca juga : Sering Diucapkan Saat Idul Fitri, Ini Makna Taqabbalallahu minna wa minkum

4. Karies Gigi

Konsumsi makanan manis yang tinggi dapat meningkatkan risiko karies gigi, terutama jika kebiasaan membersihkan gigi tidak dijaga dengan baik.

5. Masalah Kesehatan Kulit

Konsumsi makanan berlemak yang tinggi dapat memicu masalah kulit seperti jerawat atau kulit kusam.

Untuk mencegah penyakit-penyakit ini, penting untuk mengonsumsi makanan dengan porsi yang seimbang, memperhatikan asupan gula dan lemak, serta tetap menjaga pola makan yang sehat bahkan selama periode perayaan Idul Fitri berlangsung.

Menambahkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam diet, serta membatasi konsumsi makanan olahan dan makanan manis, juga bisa membantu menjaga kesehatan Anda.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan