Tips Menyimpan Makanan di Lemari Es Agar Awet Berbulan-bulan

JABAR EKSPRES – Lemari Es atau Kulkas, saat ini menjadi perangkat elektronik yang harus ada disetiap rumah. Pasalnya keberadaan lemari es, akan sangat membantu dalam hal penyimpanan bahan makanan. Agar makanan awet hingga berbulan-bulan, ada tips khusus dalam menyimpan makanan di lemari es.

Kamu bisa mendapatkan tips menyimpan makanan di lemari es tersebut dalam tulisan ini. Agar bisa mendapatkan makanan yang kualitasnya tetap terjaga dan layak untuk dikonsumsi.

Baca juga :  SHARP Tingkatkan Jaminan Garansi Lemari Es Hingga Tujuh Tahun

Terdapat beberapa tips yang dapat membantu menyimpan makanan di lemari es agar tidak mudah busuk dan tetap sehat, diantaranya :

1. Suhu yang Tepat

Pastikan suhu lemari es Anda teratur dengan baik. Suhu yang ideal untuk lemari es adalah antara 0-4°C (32-40°F).

Suhu yang lebih rendah dari ini dapat membekukan makanan, sementara suhu yang lebih tinggi dapat meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri.

2. Pemisahan Makanan

Simpan makanan dengan benar dan pisahkan makanan mentah dari makanan siap makan untuk mencegah kontaminasi silang.
Gunakan wadah kedap udara atau kantong plastik tertutup untuk menyimpan makanan agar tidak terjadi bau atau rasa yang tidak diinginkan.

3. Pengemasan yang Tepat

Kemas makanan dengan benar sebelum menyimpannya di lemari es. Gunakan kantong plastik atau wadah kedap udara yang cocok untuk masing-masing jenis makanan.

Pastikan untuk mengeluarkan udara sebanyak mungkin dari wadah sebelum menutupnya untuk mengurangi risiko pembusukan.

4. Periksa Tanggal Kedaluwarsa

Selalu periksa tanggal kedaluwarsa pada makanan sebelum menyimpannya di lemari es. Jangan menyimpan makanan yang sudah kadaluwarsa atau makanan yang terlalu lama disimpan di lemari es.

5. Pisahkan Sayuran dan Buah

Sayuran dan buah memiliki kebutuhan penyimpanan yang berbeda. Beberapa buah, seperti apel dan tomat, dapat mempercepat pematangan sayuran di sekitarnya.

Simpan buah dan sayuran dalam wadah terpisah atau kantong plastik yang terpisah untuk mencegah paparan gas etilen yang dapat mempercepat pematangan.

Baca juga : Dapat Menjaga Kesegaran Buah, Ketahui Cara Menyimpannya!

6. Menjaga Kebersihan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan