Kapan Malam Nisfu Syaban dan Apa Keistimewaannya

JABAR ESKRPES – Satuhal yang sangat dinantikan saat bulan Syaban, apalagi kalau bukan malam Nisfu Syaban. Hal ini karena malam tersebut memiliki kemuliaan dan keistimewaan.

Umat Islam akan memperingati malam nisfu syaban pada tanggal 15 bulan Syaban di kalender Hijriyah. Berdasarkan kalender Hijriah terbitan Kementerian Agama (Kemenag), tanggal 15 bulan Syaban jatuh pada Minggu, 25 Februari 2024.

Sehingga kita bisa mulai melakukan amalam pada malam tersebut, tepatnya  pada Sabtu 24 Februari 2024, atau sehari sebelumnya, mengingat penanggalan Hijriyah dimulai pada magrib atau petang.

Baca juga : Keistimewaan Nisfu Syaban dan Amalan-amalan yang Dianjurkan!

Adapun Keistimewaan malam pertengahan bulan  syaban ini, diantaranya  karena pada malam itu mengandung pelbagai kebaikan, kemudahan rezeki, dan diampuni pelbagai dosa manusia.

Karenanya malam Nisfu syaban juga disebut sebagai Lailatul Bara’ah atau malam penuh kesucian.

Dilansir dari Nuonline, dalam sebuah hadits Rasulullah menjelaskan kemuliaan dari malam Nisfu Sya’ban yang dimanfaatkan oleh kalangan sahabat untuk berdoa dan meminta ampunan pada Allah.

Sebab karena kesucian malam Nisfu Sya’ban tersebut, Allah menurunkan rahmatnya pada orang yang memohon ampunan pada-Nya.

إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُومُوا لَيْلَهَا وَصُومُوا يَوْمَهَا، فَإِنَّ اللهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَنْزِلُ فِيهَا لِغُرُوبِ الشَّمْسِ إِلَى السَّمَاء الدُّنْيَا، فَيَقُولُ: أَلَا مِنْ مُسْتَغْفِرٍ فَأَغْفِرَ لَهُ، أَلَا مِنْ مُسْتَرْزِقٍ فَأَرْزُقَهُ، أَلَا مِنْ مُبْتَلَى فَأُعَافِيَهُ، أَلَا كَذَا أَلَا كَذَا حَتَّى يَطَّلِعَ الْفَجْرَ

Artinya: Ketika malam Nisfu Sya’ban tiba, maka beribadahlah di malam harinya dan puasalah di siang harinya. Sebab, sungguh (rahmat) Allah turun ke langit dunia saat tenggelamnya matahari. Kemudian Ia berfirman: “Ingatlah orang yang memohon ampunan kepadaKu maka Aku ampuni, ingatlah orang yang meminta rezeki kepada–Ku maka Aku beri rezeki, ingatlah orang yang meminta kesehatan kepada–Ku maka Aku beri kesehatan, ingatlah begini, ingatlah begini, sehingga fajar tiba (HR Ibnu Majah).

Baca juga : Hal-Hal yang Perlu Kita Ketahui tentang Malam Nisfu Syaban

Selain akan mendapat pahala, melakukan ibadah sunah juga akan meningkatkan ketakwaan dan keimanan kita kepada Allah SWT.

Beberapa amalan sunah yang bisa dilakukan saat malam ini,  diantaranya sholat sunah Nisfu Syaban, Puasa, banyak bersholawat, bersedekah dan ibadah sunah lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan