Mengenal PTSD, Penyakit yang Diderita Park Hyun Sik Dalam Drama Dokter Slump

3. Hyperarousal

Merasa cemas, mudah marah, atau selalu waspada. Orang dengan PTSD mungkin sulit tidur, gelisah, dan memiliki kesulitan berkonsentrasi.

4. Negative changes in thoughts and mood

Perubahan drastis dalam pikiran dan perasaan, seperti perasaan bersalah, harga diri yang rendah, atau perasaan tidak berdaya. Mungkin juga ada kesulitan mengingat rincian penting dari peristiwa traumatis.

5. Cognitive and mood changes

Perubahan dalam pikiran dan suasana hati, seperti kesulitan mengingat peristiwa traumatis, pikiran negatif tentang diri sendiri atau dunia, perasaan terputus-putus dari orang lain, perasaan tidak berdaya, dan perubahan dalam minat atau aktivitas yang sebelumnya dinikmati.

Baca juga : Kapan Tayang Drakor Doctor Slump yang Dimainkan Park Shin Hye dan Park Hyun Sik, Cek Jadwal Lengkapnya di Sini

Terapi mandiri yang dapat dilakukan di rumah sebagai bagian dari manajemen PTSD meliputi:

– Mindfulness dan Meditasi

Latihan pernapasan dan meditasi mindfulness dapat membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan kesejahteraan emosional.

– Pengaturan Keamanan dan Dukungan

Menciptakan lingkungan yang aman dan memastikan memiliki dukungan sosial yang memadai dari keluarga, teman, atau komunitas dapat membantu dalam mengatasi PTSD.

– Olahraga Teratur

Olahraga teratur seperti berjalan, berlari, atau yoga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental.

– Menulis Jurnal

Menulis tentang pengalaman traumatis atau perasaan yang terkait dengan PTSD dapat membantu dalam pemrosesan emosional dan pemulihan.

– Pencarian Dukungan dari Kelompok Dukungan

Bergabung dengan kelompok dukungan bagi individu dengan PTSD dapat memberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman dan belajar strategi pemulihan dari orang lain yang memiliki pengalaman serupa.

Beruntung dalam drama tersebut Park Hyun Shik memiliki sahabat Park Shin Hye yang mendukungnya untuk sembuh dari PTSD yang dideritanya.
Bahkan Park Shin Hye mengantarkan Park Hyun SIk ke Psikiater untuk mendapatkan pengobatan.

Jika tidak segera diobati, maka PTSD akan sangat mengganggu kehidupan seseorang, karenanya menemui tenaga ahli merupakan langkah yang sangat diperlukan. **

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan