Pemilih Pemula Memperlihatkan Semangat dalam Pemilu 2024 di Media Sosial

CIMAHI, JABAR EKSPRES – Sejumlah pemilih pemula menunjukkan antusiasmenya dalam Pemilu 2024 yang diselenggarakan pada 14 Februari 2024. Mereka mengekspresikan semangatnya dengan membagikan foto jari mereka yang berwarna tinta ke platform media sosial.

Seperti yang dikatakan oleh Nasywa Nayla Fitriani sebagai pemilih pemula yang memegang suara terbesar dalam pemilu tahun 2024 ini menurutnya sangat berantusias.

“Dalam konteks saat ini, terlihat partisipasi aktif kaum muda dalam proses politik semakin menonjol. Hal ini mencerminkan sebuah fenomena yang disebut sebagai Meaningful Youth Participation (MYP), yang menjadi sorotan utama, terutama di kalangan pemilih muda,” ucap remaja berusia 17 tahun tersebut pada Jabar Ekspres, Rabu 14 Februari 2024.

Nasywa mengungkapkan, antusiasme tersebut mencerminkan kebebasan bersuara dan kesadaran dari kalangan muda terhadap sistem pemerintahan di Indonesia.

BACA JUGA: Sebagian Besar Pasien Rumah Sakit di Seluruh Jabar Tidak Bisa Nyoblos di Pemilu 2024

“Yang tentunya kami sebagai generasi muda juga menginginkan yang terbaik untuk bangsa dan negara ini,” ucapnya.

Saat disinggung terkait kendala atau kebingungan utama saat mencoblos untuk pertama kalinya, Nasywa mengungkapkan sebagai pemilih pemula, mengalami kebingungan terutama terkait prosedur teknis saat berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Selain itu juga selama masa kampanye, kami sebagai generasi muda harus benar benar teliti karena tidak jarang diantara kami yang takut salah memilih pemimpin,” paparnya.

Berbeda dengan Jason Maxwell (20) yang merupakan pemilih pemula juga menuturkan, dalam mempersiapkan diri untuk mengetahui lokasi tempat pencoblosan merek melihatnya dari platform online.

“Untuk mengetahui lokasi tempat pencoblosan kebetulan sekarang pemerintah sudah menyediakan platform cek DPT online,” kata Jason.

BACA JUGA: Kreasi Sampah Daur Ulang Warnai TPS di Kampung Liongenteng

“Platform tersebut memudahkan kami sebagai pemilih pemuka untuk mengetahui lokasi tempat pencoblosan,” tambah Jason.

Sebagai pemula dalam proses Pemilu, Jason maupun Nasywa memiliki harapan utama terhadap hasil dari Pemilu 2024 ini.

“Sebagai pemilih pemula, harapan kami adalah terlepas dari siapa yang akan memimpin Indonesia kedepannya, semoga dapat mengemban amanahnya dengan baik, dapat memimpin indonesia menjadi negara yang lebih baik,” ungkap Jason.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan