Desa Cinunuk Miliki DPT Terbanyak, Pelaksanaan Pemilu 2024 Jadi Tantangan PPS dan KPPS

JABAR EKSPRES – Pesta demokrasi rakyat hampir mendekati puncaknya, yakni penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada 14 Februari 2024 mendatang.

Jelang Pemilu serentak tersebut, sebanyak 1.113 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung setelah dilantik dan diambil sumpahnya, mereka melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek).

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Cinunuk, Syamsul Anwar mengatakan, untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang terdata tergolong sangat banyak.

“Ada sebanyak 36.430 DPT di Desa Cinunuk, ini jadi yang tertinggi juga di Kabupaten Bandung,” kata Anwar pada Minggu (28/1).

Dijelaskan, dari jumlah 36.430 DPT itu, nantinya tersebar di 159 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Desa Cinunuk.

Diketahui, pelaksanaan Bimtek tersebut berlokasi di GOR Purbaya, Jalan Ciguruwik, Desa Cinunuk, kegiatan juga serentak digelar oleh setiap PPS di 6 desa yang ada di Kecamatan Cileunyi.

“Dengan DPT sebanyak 36.430 di Desa Cinunuk ini, untuk 159 TPS itu tersebar di 29 RW, tentu menjadi tantangan bagi PPS dan KPPS,” jelasnya.

BACA JUGA: Ribuan Anggota KPPS Kota Banjar Ikuti Kegiatan Bimtek

Anwar menyampaikan, meski jumlah DPT di Desa Cinunuk tergolong paling banyak di antara daerah lain yang ada di Kabupaten Bandung, namun pihaknya optimis bahwa Pemilu serentak nanti dapat berjalan aman, lancar dan kondusif.

“Insya Allah baik PPS dan KPPS siap bekerja ekstra agar pimilu aman, lancar, jurdil (jujur serta adil) dan tingkat partisipasi pemilih pun tinggi,” bebernya.

Melalui informasi yang dihimpun Jabar Ekspres, DPT di Desa Cinunuk yang mencapai 36.430 itu, dari jumlah penduduk secara keseluruhan yakni 58.000 jiwa.

Melihat jumlah penduduk di Desa Cinunuk tersebut, posisinya berada di atas Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung yang tercatat sekira berjumlah 57.000 jiwa dengan 4 desa di dalamnya.

Merujuk data di atas, apabila Caleg mampu duduk di kursi DPRD Kabupaten Bandung mewakili Dapil tiga dengan jatah 7 kursi, kemudian bisa menguasai Desa Cinunuk, maka dipastikan dapat melanggang menjadi legislator.

Anwar menerangkan, untuk pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 mendatang, khususnya di wilayah Desa Cinunuk berpotensi lancar.

“Terlihat saat digelar pelantikan dan Bimtek, sebanyak 1.113 KPPS antusias mengikutinya,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan