Ketahui Dampak Bahaya Penggunaan Merkuri Bagi Kesehatan Mata!

JABAR EKSPRES – Pengguna produk perawatan kulit seperti krim atau sabun pemutih perlu mewaspadai kandungan di dalamnya tidak mengandung merkuri, karena dapat memberikan dampak bahaya bagi kesehatan tubuh, salah satunya seperti pada mata.

Merkuri merupakan sebuah unsur kimia yang bersimbol Hg dan nomor atom 80 di dalam tabel periodik. Merkuri dapat hadir dalam beberapa bentuk kimia, tetapi yang paling umum ditemui yaitu merkuri elemen (Hg^0), anorganik (seperti merkuri klorida), dan organik (seperti metilmerkuri).

Saat bekerja dengan merkuri atau produk yang mengandung merkuri, pastikan untuk menggunakan peralatan pelindung mata, seperti kacamata pelindung.

Setelah bekerja dengan merkuri, pastikan juga untuk mencuci tangan dengan sabun dan air dengan benar untuk menghindari kontak tidak sengaja dengan mata.

Hindari paparan berkepanjangan terhadap merkuri, terutama uap merkuri yang dapat terhirup.

Untuk menghindari berbagai dampak bahaya yang mungkin terjadi, pastikan untuk mengikuti prosedur penanganan yang aman saat bekerja dengan merkuri, termasuk penyimpanan yang benar dan penghapusan limbah yang sesuai.

BACA JUGA: Ketahui Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata, Kemungkinan Infeksi Hingga Kerusakan Kornea!

Jika ada kekhawatiran terkait paparan merkuri pada mata atau gejala yang mencurigakan, segera konsultasikan dengan profesional kesehatan atau ahli toksikologi untuk evaluasi lebih lanjut.

Dampak Bahaya Penggunaan Merkuri Bagi Mata

Berikut ini terdapat beberapa bahaya yang dapat berdampak pada mata akibat penggunaan merkuri, di antaranya:

  • Iritasi Mata

Paparan merkuri dapat menyebabkan iritasi pada mata. Hal ini memungkinkan adanya kemerahan, peradangan, hingga sensasi terbakar pada mata.

  • Konjungtivitis Merkuri

Paparan tingkat tinggi atau paparan berkepanjangan dari merkuri dapat menyebabkan konjungtivitis merkuri, suatu kondisi di mana lapisan tipis pada bagian depan mata menjadi meradang.

  • Kerusakan Kornea

Paparan merkuri dalam bentuk uap atau partikel dapat menyebabkan dampak bahaya bagi mata, seperti kerusakan pada kornea mata. Hal ini dapat mengakibatkan penglihatan kabur dan gangguan penglihatan.

BACA JUGA: 11 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Ketahui Hal Penting Ini!

  • Keracunan Merkuri pada Saraf Optik

Dalam kasus paparan yang parah, keracunan merkuri dapat menyebabkan adanya pengaruh pada saraf optik yang menyebabkan adanya gangguan penglihatan hingga kemungkinan kebutaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan