Survei Poltracking: Per Januari, Prabowo-Gibran Unggul 46,7 Persen, Sementara Tren Ganjar-Mahfud Sedang Anjlok

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nampaknya masih unggul dibanding pasangan lain pada awal 2024 ini. Sementara tren pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD makin anjlok. Itu berdasarkan hasil survei terbaru dari Poltracking Indonesia yang dipublikasikan, Jumat 19 Januari 2024.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR menguraikan, dalam survei yang dilakukan periode 1-7 Januari 2024 itu menempatkan elektabilitas pasangan Prabowo Gibran pada posisi teratas. Hasilnya adalah 46,7 persen. “Ini survei secara tatap muka,” katanya.

Hanta melanjutkan, pada urutan kedua ditempati pasangan Anies Baswedan–Muhaimin Iskandar dengan 26,9 persen. Baru di urutan terakhir adalah pasangan Ganjar Pranowo–Mahfud MD dengan 20,6 persen. “Sementara yang tidak menjawab 5,8 persen,” cetusnya.

BACA JUGA: Survey IPO: AMIN Tempel Ketat Prabu dan Ada Peluang Comeback di Putaran 2

Hanta menambahkan, dalam survei Poltracking terbaru itu juga ada temuan menarik selain keunggulan elektabilitas dari pasangan nomor urut 02, yaitu nampak tren dari pasangan Ganjar–Mahfud yang cenderung menurun.

Tren itu terlihat dari perbandingan hasil survei antara Desember 2023 dan Januari 2024 ini. Di Desember, pasangan nomor urut 03 itu memiliki elektabilitas 27,3 persen. Sementara saat ini elektabilitasnya ada di angka 20,6 persen.

Untuk pasangan Anies–Muhaimin trendnya justru sedang naik, yakni dari semula 23,1 persen sekarang ada di 26,9 persen. Sementara untuk trend pasangan Prabowo–Gibran memang naik tapi tidak signifikan, yaitu dari 45,2 persen ke 46,7 persen.

BACA JUGA: Survey Indikator Politik Indonesia: Gerindra Salip PDIP, Prabu Masih di Puncak

Survei Poltracking itu juga membaca tren berdasarkan wilayah. Di Sumatra misalnya, pasangan Prabowo-Gibran sedang naik. Sementara pasangan Anies–Muhaimin dan Ganjar–Mahfud cenderung turun.

Kemudian di Kalimantan Bali Nusa, Prabowo–Gibran dan Ganjar–Mahfud turun. Sementara yang sedang naik adalah pasangan Anies–Muhaimin. Lalu di Jawa Barat, pasangan Prabowo–Gibran tengah turun, sementara yang sedang naik adalah pasangan Anies–Muhaimin.

Tak kalah menarik adalah tren di Jawa Tengah DIY. Pasangan Ganjar–Mahfud cenderung turun, sementara Prabowo–Gibran yang justru naik. Sementara Anies-Muhaimin ikut naik meski tidak signifikan. (son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan