Piala Asia 2023: Pelatih Vietnam Waspada dengan Semangat Juang Indonesia

JABAR EKSPRES – Vietnam akan menghadapi Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar pada laga kedua Grup D, Jum’at 19 Januari 2024 pukul 21.30 WIB di stadion Abdullah bin Khalifa. Pelatih timnas Vietnam, Philipe Trousser mewaspadai Indonesia karena semangat juang yang diperlihatkan Timnas Indonesia ketika bertanding melawan Irak di laga pertama.

Troussier mengatakan itu karena dia melihat permainan Indonesia yang pantang menyerah dan semangat juang, meski akhirnya timnas Indonesia harus takluk di tangan Irak pada laga pertama dengan skor 1-3.

Pada saat Indonesia menghadapi Irak, Irak pasti akan lebih mudah menang. Dilihat dari rangking FIFA yang terpaut jauh, Indonesia berada di peringkat 146 dunia, sedangkan Irak berada di peringkat 63 dunia. Meskipun terpaut jauh dalam rangking FIFA, Indonesia mampu memberikan perlawanan kuat pada Singa Mesoptamia itu.

“Kekuatan terbesar tim Indonesia adalah kekuatan semangat tim. Meski kalah dari tim Irak, Mereka menunjukkan semangat dan daya juang yang tinggi, juga memiliki keseimbangan dalam menyerang dan bertahan,” kata Troussier pada jumpa pers sebelum melawan Indonesia, Kamis (18/1), dilansir dari Antara News.

BACA JUGA: Piala Asia 2023: Yakob Yakin Indonesia Mampu Kandaskan Vietnam

Selain dilihat secara keseluruhan tim, pelatih asal Prancis itu juga sangat mewaspadai beberapa pemain Indonesia yang akan menembus pertahanan Vietnam, seperti pencetak satu gol Marselino Ferdinan, striker milik ADO den Haag Rafael Struick, dan juga gelandang Merah Putih yang dikawal Justin Hubner dan Ivar Jenner sejak menit awal saat melawan Irak.

“Mungkin saya paling terkesan dengan pemain bernomor punggung 7, Marselino Ferdinan. Selain itu pemain nomor 11 Rafael dan gelandang tengah Indonesia juga sangat kuat dan agresif,” ucapnya.

Pelatih 68 tahun itu lalu menilai, peluang kedua tim pada laga nanti adalah sama kuat atau sama-sama 50 persen dimana pemenang akan ditentukan oleh siapa yang bermain disiplin sejak peluit berbunyi dan tidak membuat kesalahan sekecil apapun.

Dengan begitu, dia pun mengatakan siapapun yang keluar sebagai pemenang di laga nanti akan berkesempatan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan