Optimisme TPD Ganjar-Mahfud Menangkan Suara di KBB

JABAR EKSPRES – Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Kabupaten Bandung Barat (KBB) optimis bisa meraih suara terbanyak pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Sekedar informasi, jika berkaca pada perhelatan Pilpres tahun 2014 dan 2019, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di KBB selalu kalah telak dalam meraup suara.

Berdasarkan data KPU di tahun 2014, pasangan Jokowi dan Jusuf Kalla (JK) kalah telak di Jawa Barat dari pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.

Pasangan Prabowo-Hatta menang di 22 kabupaten/kota di Jabar termasuk di antaranya KBB dengan total suara 14.167.381 (59,78 persen). Sementara Jokowi-JK hanya menang di Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, dan Kota Cirebon, dengan suara 9.530.315 (40,22 persen).

Begitu pun saat Pilpres tahun 2019, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat 16.077.446 suara mengungguli pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang hanya 10.750.568 suara.

BACA JUGA: Suara NU adalah Kunci Menangkan Pemilu?

Dari 27 kota/kabupaten di Jabar, Prabowo-Sandiaga Uno menang di 21 daerah. Sementara, Jokowi-Ma’ruf Amin hanya menang di Kota Cirebon, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Indramayu, Kabupaten Cirebon, dan Subang.

Lagi-lagi, pasangan yang diusung PDIP Jokowi-Ma’ruf Amin terkapar tidak berdaya di KBB. Padahal saat itu Jokowi adalah calon incumbent yang semestinya sangat mudah untuk ‘dijual’.

Namun fakta berkata lain, masyarakat KBB lebih banyak memilih Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan raihan suara total 649.988, sedangkan Jokowi-Ma’ruf Amin hanya mendapat suara 359.220.

“Saya optimis di Bandung Barat, ataupun secara nasional pasangan Ganjar Parnowo-Mahfud MD bisa menang dan unggul,” kata Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) Ganjar-Mahfud, Fajar Taufik di Ngamprah, Jumat 19 Januari 2024.

Ia mengklaim, hasil blusukan di 16 kecamatan wilayah KBB, kata Taufik, rata-rata masyarakat menyuarakan pasangan capres-cawapres nomor urut 3.

“Saya melihatnya banyak masyarakat yang suka dan sudah mengenal Ganjar, jadi menjualnya tidak susah,” jelasnya.

BACA JUGA: Jokowi Sentil Anies-Ganjar: Ada apa?

Fajar menilai, di bawah komando Ketua Koalisi Tim Pemenangan Cabang, TKRPP Ganjar-Mahfud, KBB, Ida Widaningsih, pihaknya bakal terus bergerak door to door dengan dibantu 28 orang relawan di bawahnya untuk mengenalkan paslon nomor tiga ke masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan