Ini Dia 3 Rahasia yang Bisa Membuat Anak Betah di Rumah, Catat Ya!

JABAR EKSPRES – Membesarkan anak di zaman sekarang sepertinya punya tantangan tersendiri bagi banyak orang tua. Sulit rasanya membuat anak betah di rumah setelah sebelumnya mereka dituntut untuk belajar dan bermain di dalam ruangan pada masa Pandemi COVID-19.

Bagi anak yang aktif dan senang berpetualang di lingkungannya, mereka tentunya sudah merasa bosan dan jenuh dengan suasana rumah. Beberapa anak lainnya pun juga akan meminta gadget untuk bermain game atau menonton video agar bisa betah.

Sebagai orang tua, sangat penting untuk mencari cara agar anak tak hanya betah, namun juga nyaman dengan lingkungan rumah mereka.

BACA JUGA: Mengatasi Mata Merah pada Anak, Ini Dia Penyebab dan Solusinya!

Namun kamu tak perlu bingung, ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk membuat anak betah di rumah. Yuk, kita simak!

1. Ciptakan suasana yang nyaman

Pada dasarnya, sangat penting bagi orang tua untuk menciptakan suasana yang nyaman di rumah, baik secara fisik, maupun nonfisik.

Tak hanya harus bersih, rapih, dan aman, secara fisik rumah harus bisa memfasilitasi dan mendukung aktivitas anak, seperti adanya mainan, buku, juga alat olahraga

Secara nonfisik, rumah pun harus terasa hangat dan penuh kasih sayang dari orang tua. Dengan begitu, anak-anak akan merasa nyaman dan betah tinggal di rumah.

2. Buat kegiatan yang menarik

Dimasa perkembangannya, aktivitas menarik sangat diperlukan untuk menstimulasi tumbuh kembang, juga mengisi waktu luang mereka dirumah.

BACA JUGA: Film Wonka Tayang di Bioskop, Bisa Ditonton Anak?

Orang tua bisa memberikan berbagai macam kegiatan menarik, seperti bermain game edukatif, membuat kerajinan tangan, berolahraga, dan masih banyak lagi.

3. Berikan kebebasan

Orang tua tidak boleh terlalu mengekang anak-anak, karena hal ini justru akan membuat anak-anak merasa tertekan karena mereka tak bisa mengekspresikan diri.

Orang tua dapat memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk mengatur jadwal, dan memilih kegiatan mereka sendiri. Dengan begitu, anak-anak akan merasa lebih senang dan betah di rumah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan