Waspada! Penyakit Kulit Ini Bisa Menyerang saat Musim Hujan

JABAR EKSPRES – Memasuki musim hujan banyak sekali penyakit yang bisa menyerang tubuh kita, salah satunya adalah penyakit kulit. Dikarenakan kondisi lingkungan yang tidak bisa di prediksi dan cipratan air hujan yang bisa membawa kuman ke kulit kita.

Dokter spesialis kulit dan kelamin Dr. dr. Fitria Agustina Sp.KK FINSDV FAADV menjelaskan sejumlah penyakit kulit, mulai dari kurap, panu hingga eksim yang berpotensi timbul saat musim hujan. Bukan hanya karena hujan akan tetapi pola prilaku kita disaat musim hujan bisa mejadi salah satu penyebabnya juga.

Musim hujan identik dengan lembap, dengan banjir. Nah itu biasanya penyakit kulit yang berhubungan untuk kondisi tersebut misalnya penyakit yang disebabkan oleh jamur kulit,” kata Fitria dikutip dari lama Antara, Senin (15/1/2024)

BACA JUGA: Kulit Tetap Kusam Meskipun Sudah Memakai Skincare Secara Rutin, Ini Penyebabnya

Sumber penyakit kulit disebabkan oleh Jamur kulit dan penyakit yang sering muncul saat musim hujan adalah Kandidosis Kutis, penyakit tersebut sering menyerang orang yang bertubuh gemuk. Kandidosis kutis, umumnya muncul pada sela-sela jari kaki. Infeksi ini biasanya menyebabkan kulit di area tersebut menjadi basah atau kemerahan.

Selain penyakit Kandidosis Kutis, penyakit yang menyerang saat musim hujan adalah Tinea dan Kurap. Karena kondisi yang lembab penyakit tinea yang bukan flora normal kulit untuk berkembang, apalagi kalo perlindungan kulit tidak ada maka akan lebih mudah terkena.

“Pada prinsipnya, kalau kayak tinea itu bukan flora normal ada di kulit kita. Jadi dia tidak boleh ada di kulit kita. Tapi dia bisa berkembang biak kalau skin barrier kita tidak bagus, kalau kondisi kulit kita lembap itu akan berkembang biak dengan mudah,” kata Fitria.

BACA JUGA: Merasa Kulit Terkontaminasi Merkuri dari Produk Kecantikan? Segera Lakukan Hal Ini!

Fitria juga menyebutkan bahwa panu, yang disebabkan oleh jamur Malassezia furfur, adalah penyakit kulit lainnya yang menyerang saat musim hujan. Kelembapan yang tinggi, kurangnya kebersihan, dan pakaian yang sering basah dapat menjadi pemicu timbulnya panu pada beberapa individu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan