Ini Dia Penjelasan Mengenai Gejala Kolesterol Tinggi yang Tak Biasa, Catat Ya!

JABAR EKSPRES – Mungkin di tahap awal, gejala kolesterol tinggi tidak selalu menjadi hal yang dikhawatirkan banyak orang. Namun seiringan dengan waktu, bila kandungan kolesterol tersebut tidak di kontrol, tubuh akan berpotensi terkena komplikasi penyakit yang berbahaya.

Ketika tubuh menerima asupan zat lemak secara berlebih di dalam kandungan darah, permasalahan tubuh seperti jantung, penyumbatan pembuluh darah, dan stroke mulai terjadi karena adanya kandungan kolesterol tinggi.

Kita sudah sering mendengar akan bahaya dari kolesterol tinggi. Namun jika seseorang tidak melakukan tes darah, ia mungkin tidak akan tahu kondisi kolesterolnya.

BACA JUGA: 10 Sayuran Ajaib yang Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol dan Darah tinggi

Tapi nyatanya ada, loh, dua tanda yang bisa kita lihat sebagai gejala kolesterol tinggi. Yuk, kita simak!

1. Benjolan Kuning disekitar Mata

Benjolan-benjolan kuning disekitar mata akan muncul pada penderita kolesterol. Benjolan ini lah yang disebut dengan Xanthelasma dalam dunia medis.

Benjolan ini muncul ketika tubuh seseorang mengumpukan kolesterol ekstra di sekitar area mata mereka.

Salah satu dari penyebab utama munculnya benjolan kuning kemerahan ini adalah karena tingginya kadar trigliserida yang berkaitan dengan kolesterol manusia.

2. Munculnya Arkus Kornea

Arkus kornea ini merupakan kondisi dimana mata seseorang memiliki cincin berwarna abu-abu yang terbentuk disekitar kornea mata. Kondisi ini ada kaitannya dengan kadar lemak dalam tubuh darah seseorang.

BACA JUGA: Waspadai Beberapa Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi!

Namun, kondisi arkus kornea ini tidak selalu menjadi tanda gejala kolesterol tinggi saja. Arkus kornea ini bisa juga berkaitan dengan kondisi medis lainnya, seperti tekanan darah tinggi dan aterosklerosis.

Kondisi ini juga sering terjadi pada orang berusia lanjut yang berusia diatas 80 tahun.

Nah, itulah gejala kolesterol tinggi tak biasa yang bisa muncul pada banyak orang. Jangan abaikan kondisi tubuh kamu, dan segeralah periksakan diri ke dokter bila kamu merasakan gejala sakit yang tidak biasa pada tubuh kamu, ya!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan