Spearmint Tea, Rahasia Baru Atasi Jerawat Hormonal yang Viral di TikTok

JABAR EKSPRES – Baru-baru ini, penjelasan seorang creator di TikTok mengenai manfaat spearmint tea untuk mengatasi jerawat hormonal menjadi viral. Namun, seberapa benarkah klaim ini? Spearmint tea, yang dihasilkan dari daun tanaman Mentha spicata, memang sedang naik daun sebagai pilihan alami untuk merawat kulit.

Spearmint tea memiliki karakteristik unik dengan bunga kecil berwarna merah muda, putih, atau lavender, dan aroma mint yang manis. Healthline menyebutkan bahwa teh ini memiliki beragam khasiat, terutama sebagai pengobatan jerawat. Namun, apakah klaim ini didukung oleh penelitian ilmiah?

Menurut studi yang dikutip dari Journal of Medicinal Food tahun 2014, spearmint tea mengandung polifenol, khususnya asam rosmarinic, yang memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri. Temuan lain dari jurnal Phytotherapy Research tahun 2010 menunjukkan bahwa spearmint tea bersifat anti-androgen, dapat mengurangi produksi sebum yang berlebihan yang menjadi penyebab jerawat.

Dalam konteks ini, spearmint tea dianggap memiliki potensi untuk membantu mengatasi jerawat hormonal, terutama pada remaja yang rentan karena produksi sebum berlebihan. Namun, seberapa efektif spearmint tea ini dalam menghilangkan jerawat masih menjadi perdebatan.

Melansir Byrdie, seorang dokter kulit klinis, Carl Thornfeldt, mencatat bahwa spearmint tea telah mendapatkan pujian karena dianggap paling ampuh dalam membunuh bakteri dan jamur penyebab penyakit kulit. Selain itu, spearmint juga memiliki aktivitas anti-inflamasi yang lebih banyak dibandingkan varietas mint lainnya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology pada tahun 2015 menunjukkan bahwa konsumsi dua cangkir spearmint tea organik setiap hari dapat mengurangi lesi inflamasi jerawat sebesar 25 persen setelah satu bulan dan 51 persen setelah tiga bulan. Meskipun begitu, belum ada penelitian yang secara spesifik mencatat dosis atau durasi yang tepat untuk penggunaan spearmint tea sebagai pengobatan jerawat.

Dokter kulit klinis, Carl Thornfeldt, menekankan bahwa spearmint tea telah didokumentasikan sebagai yang paling ampuh dalam membunuh bakteri dan jamur penyebab penyakit kulit. Dia juga menambahkan bahwa spearmint memiliki aktivitas anti-inflamasi yang paling banyak dibandingkan dengan varietas mint lainnya.

Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun spearmint tea memiliki potensi positif, belum ada dosis atau durasi yang pasti yang direkomendasikan untuk penggunaan ini. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit terpercaya sebelum mencoba pendekatan ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan