7 Sayuran Hijau Penuh Manfaat untuk Kesehatan Tulang Anda, Sumber Kalsium Tak Hanya di Susu!

JABAR EKSPRES – Kalsium, mineral esensial yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, ternyata tidak hanya bisa didapatkan dari produk susu. Sayuran juga menjadi sumber kalsium yang tak boleh diabaikan. Apa saja sayuran yang mengandung kalsium? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Menggali Kalsium dari Hijau-hijauan

1. Bayam

Menurut Medical News Today, satu cangkir bayam mentah mengandung 29,7 mg kalsium. Bayam bukan hanya memenuhi 10% kebutuhan harian kalsium, tetapi juga kaya akan protein, zat besi, vitamin A, vitamin K, dan serat. Jadi, jangan ragu untuk menyisihkan tempat di piring Anda untuk bayam.

2. Kale

Sayuran hijau ini, populer di kalangan pelaku diet, menyediakan 132 miligram kalsium per 100 gramnya. Kadar ini dapat mencukupi 10% kebutuhan harian Anda. Dengan begitu banyak manfaat, kale menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Baca Juga: Cara Penggunaan Masker Telur Kuning dan Beberapa Manfaatnya Bagi Kulit

3. Brokoli

Menurut Time Magazine, 2 cangkir brokoli mentah mengandung 86 miligram kalsium. Selain itu, brokoli juga kaya vitamin C, hampir dua kali lipat dari jeruk. Pola makan tinggi sayuran seperti brokoli juga dapat dikaitkan dengan penurunan risiko kanker tertentu. Jadi, jangan lupakan brokoli dalam menu sehat Anda.

4. Pakcoy

Sayuran ini tidak hanya enak, tetapi juga kaya kalsium. Dalam 100 gram pakcoy terdapat 93 miligram kalsium. Tidak hanya itu, pakcoy juga mengandung serat, vitamin A, C, K, B6, asam folat, antioksidan, dan beta karoten. Menyehatkan dan melindungi tubuh, itulah pakcoy.

5. Parsley

Dalam satu cangkir parsley terdapat sekitar 83 miligram kalsium. Sayuran tinggi kalsium ini dapat memenuhi 6% kebutuhan harian tubuh. Jadi, jangan remehkan parsley di samping hidangan Anda.

Baca Juga: Bukan Hanya Jualan Tiket, Ini Dia 3 Manfaat Asyik Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung

6. Okra

Okra tidak hanya mengandung kalsium, tetapi juga serat tidak larut yang melawan sembelit, serta vitamin B6 dan folat. Nikmati okra direbus, dipanggang, ditumis, atau di-grill untuk variasi rasa yang lezat.

7. Daun Turnip

Bagian daun dari turnip ternyata tak kalah bernutrisi dari umbinya. Dalam 100 gram, daun turnip mengandung 137 miligram kalsium, mencukupi 11% kebutuhan harian tubuh. Jadi, jangan buang bagian daun turnip saat memasaknya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan