Tax Center ITB Resmi Terbentuk

Jabarekspres.com Tax Center Institut Teknologi Bandung (ITB) resmi terbentuk. Hal ini ditandai dengan ditandatanganinya kesepakatan bersama pendirian Tax Center ITB oleh Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I Erna Sulistyowati dan Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D di Gedung Rektorat ITB, Jalan Tamansari Nomor 64 Bandung, Kamis (4/1).

Hal tersebut menambah jumlah tax center di lingkungan perguruan tinggi yang telah bekerja sama dengan Kanwil DJP Jawa Barat I menjadi 22, dengan rincian 18 di Bandung Raya, dua di Sukabumi, satu di Purwakarta, dan satu di Ciamis.

Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I Erna Sulistyowati mengatakan dalam menjalankan tugas dan fungsinya khususnya dalam peningkatan kesadaran pajak, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam hal ini Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Barat I tidak dapat berdiri sendiri, perlu sinergi dan kolaborasi dengan pihak lain.

Baca Juga: DJP Jabar I Luncurkan TASYA, Layanan Chat Otomatis Wajib Pajak

Ia mengatakan kesepakatan pembentukan Tax Center ITB ini merupakan bentuk kolaborasi sinergis Kanwil DJP Jawa Barat I dengan ITB untuk meningkatkan kesadaran pajak.

Tax center bukan hanya diasosiasikan untuk fakultas ekonomi, namun tax center merupakan wujud kerja sama antara perguruan tinggi dan DJP dalam membangun kesadaran dan memberikan edukasi perpajakan kepada mahasiswa, civitas academica, dan masyarakat dalam rangka peningkatan kesadaran pajak,” ujarnya.

Tax center, sambung Erna, merupakan merupakan agen informasi, pendidikan, dan pelatihan perpajakan di perguruan tinggi yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang hak dan kewajiban perpajakan kepada masyarakat serta meningkatkan kerja sama dan kemitraan antara DJP dengan Perguruan Tinggi.

Lebih lanjut Erna mengatakan partisipasi warga negara dalam menunjang pembiayaan negara melalui pembayaran pajak merupakan salah satu pilah kehidupan bernegara. Sekitar 80% penerimaan negara bersumber dari penerimaan pajak. Oleh karena itu keberadaan tax center menjadi penting.

“Sebagai kepanjangan tangan DJP, tax center memiliki peran sebagai sebagai pusat edukasi di kampus dan masyarakat, pusat informasi perpajakan, mitra keputusan kebijakan, mitra pemberdayaan masyarakat, dan mitra pendukung layanan perpajakan,” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan