Unpak Beberkan Hasil Kepuasan Pelanggan Perumda Tirta Pakuan di 2023

JABAR EKSPRES – Universitas Pakuan (Unpak) merilis survei kepuasan pelanggan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor tahun 2023 di Gedung Rektorat Unpak pada Rabu, 27 Desember 2023.

Hasil survei yang dilakukan kepada 3.000 lebih pelanggan Tirta Pakuan menunjukkan nilai sangat baik, namun ada beberapa catatan rekomendasi untuk perbaikan pelayanan agar lebih baik lagi di tahun 2024.

Ketua Tim Survei Kepuasan Pelanggan Perumda Tirta Pakuan dari Unpak, Dr. Herman menuturkan, untuk mengetahui seberapa baik kinerja Peurmda Tirta Pakuan, perlu dilakukan melalui Customer Satisfaction Survey (CSS). Sehingga bisa terlihat pemantauan dan pengukuran kepuasaan pelanggan.

Kajian kali ini, kata dia, dilakukan dengan melakukan survei secara langsung kepada pelanggan Tirta Pakuan diseluruh wilayah kecamatan se-Kota Bogor dan kabupaten Bogor.

BACA JUGA: Kadin Dongkrak Eksistensi UMKM di Kota Bogor, Sektor Pariwisata dan Ekraf jadi Fokus di 2024

Survei dilakukan menggunakan wawancara secara mendalam kepada pelanggan Tirta Pakuan berdasarkan kepuasan produk dan jasa layanan yang diterima oleh para pelanggan.

“Jumlah sampel diperoleh dengan cara Purposive melalui teknik Cluster Stratified and Systematical Unproporsional Sampling berdasarkan data pelanggan Perumda Tirta Pakuan dari 6 kecamatan di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor serta mewakili kategori pelanggan Tirta Pakuan yaitu sebanyak 3003 pelanggan,” kata Herman saat ditemui di lokasi acara.

Ia menjelaskan, untuk menghitung berapa nilai kepuasan pelanggan, dilakukan dengan menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI). Pada indikator produk di seluruh zona 1-7 secara agregat IKP mencapai 83.02 persen.

Kemudian, sambung dia, mendapatkan pelayanan bagi pelanggan, dan Kemampuan Petugas Pembaca meter memiliki nilai kinerja dan kepentingan yang rata-rata gap nya adalah sebesar 0.59. Berdasarkan indikator kinerja dan kepentingan ini, diperoleh IKP sebesar 84.21 persen.

“Secara agregat, IKP dari penilaian arus informasi kepada pelanggan dari Media Sosial, Call Center, dan Website adalah sebesar 79.11 persen. Dari hasil survei diperoleh bahwa nilai IKP pada pelayanan pembayaran mencapai 81.31 persen, yang dapat diartikan bahwa masyarakat puas mengenai beragamnya kanal pembayaran Perumda Tirta Pakuan, dan juga bagaimana kenyamanan tempat pembayaran,” paparnya.

BACA JUGA: Bacaleg Milenial Nurunnisa Setiawan Ajak Masyarakat Jaga Pola Hidup Sehat

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan