Unpak Beberkan Hasil Kepuasan Pelanggan Perumda Tirta Pakuan di 2023

Ia membeberkan, dilihat dari posisi kuadran yang ada, variabel assurance menghasilkan nilai IKP sebesar 82.82 persen. Nilai IKP dari variabel Reliability adalah 82.51 persen yang berarti bahwa PERUMDA Tirta Pakuan mampu memberikan kinerja baik serta dapat memenuhi harapan dari pelanggan terkait kualitas air yang diberikan.

“Nilai IKP dari variabel Responsiveness adalah 80.69 persen. Nilai IKP dari variabel emphaty adalah 83.31 persen yang berarti bahwa PERUMDA Tirta Pakuan mampu memberikan kinerja yang baik. Nilai IKP dari variabel Tangibles adalah 81.35 persen yang berarti bahwa PERUMDA Tirta Pakuan mampu memberikan kinerja yang baik terkait variabel Tangibles,” bebernya.

Menurutnya, survei kepuasan pelanggan ini jangan sampai berhenti, karena proses pengumpulan data dan lainnya tidak mudah sehingga melibatkan banyak pelanggan.

Ia berpendapat jika untuk satu tahun sekali satu hal yang wajar untuk dilakukan survei kepuasan pelanggan, tetapi menjadi catatan penting adalah sebisa mungkin hal yang terjadi berulang menjadi PR bersama terutama Perumda Tirta Pakuan supaya tidak menjadi dan tidak menjadi keluhan dari pelanggan seperti tadi adanya jam-jam tertentu baru mengalir dan tidak beberapa wilayah tertentu.

“Kemudian kedua untuk kualitas air ada yang perlu ditingkatkan karena masih ada air keruh dan sedikit berbau kalau habis hujan di wilayah tertentu. 3Tapi saya dapat informasi sekarang sedang meningkatkan kapasitas mudah-mudahan keluhan adanya air yang tidak mengalir pada jam-jam tertentu bisa teratasi dan dengan penguatan teknologi yang akan digunakan barangkali mengenai air yang keruh dan berbau itu dapat diatasi,” jelasnya.

“Semoga survei kepuasan pelanggan dapat terus dilaksanakan, ditingkatkan dan mungkin ke depan jumlah populasi yang terus meningkat supaya hasil yang didapatkan akan lebih akurat lagi. Untuk hasil yang lebih maksimal ke depan harus lebih ditingkatkan lagi jumlah sampling dari populasi. Survei dilaksanakan dari bulan Agustus sampai Oktober 2023,” pungkas Herman.

Sementara itu, Manajer Humas dan Pelayanan Pelanggan Tirta Pakuan, Dani Rahmawan menuturkan, survei kepuasan pelanggan ini secara konsisten dilakukan setiap tahun, agar Tirta Pakuan mengetahui cerminan perusahaan dimata pelanggan. Sekalipun isinya ada yang belum mengalir 24 jam atau sedikit berbau, hal itu wajar dan segera ditindaklanjuti oleh perusahaan.

Tinggalkan Balasan