Aspal di Jalan Sersan Bajuri Mengelupas Lagi Usai Diterjang Hujan Deras, Begini Penampakannya!

JABAR EKSPRES –  Aspal di Jalan Sersan Bajuri, Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengelupas hingga terangkat dan berhamburan setelah diterjang hujan deras, pada Minggu 24 Desember 2023.

Kondisi ini membahayakan bagi pengendara, terlebih jalan Sersan Bajuri merupakan salah satu jalan alternatif untuk menuju ke kawasan wisata Lembang.

Ende (50) salah seorang warga Desa Cihideung menuturkan, aspal sepanjang 100 meter itu mengelupas usai diterjang arus deras limpasan dari drainase yang tak berfungsi optimal.

“Kejadiannya malam Senin. Jaln lagi sepi, pagi harinya tau-tau sudah mengelupas,” kata Ende kepada wartawan, Selasa (26/12/2023).

 

Menurut Ende, sebelumnya kondisi jalan tersebut memang mengalami rusak hingga berlubang. Namun belum lama ini pemerintah daerah (Pemda) baru saja menambal jalan dengan aspal baru.

 

 

“Jalan ini sudah 3 lapis aspal. Kemudian rusak dimakan usia. Tapi baru saja beberapa hari ditambal yang rusaknya, kena air sekarang mengelupas lagi,” sebutnya.

Akibat kerusakan jalan alternatif itu, arus kendaraan wisatawan dari arah Bandung menuju Lembang maupun sebaliknya mengalami antrean. Pengendara harus mengendurkan kecepatan demi keselamatan saat melintas jalan rusak tersebut.

“Tadi memang sempat ada macet karena materialnya masih berantakan di tengah jalan. Tapi sama warga gotong royong diratakan buat menambal jalan berlubang,” kata Ende.

Sementara itu, Kepala Desa Cihideung, Ade Obih mengatakan, karena statusnya bukan jalan desa, jalan Sersan Bajuri menjadi perhatian Pemkab Bandung Barat untuk dilakukan perbaikan sekitar awal bulan lalu.

“Itu pengaspalan baru, oleh Pemerintah Kabupaten sama Pemerintah provinsi. Bukan sama Pemerintah Desa. Jadi karena (diguyur) hujan deras, aspalnya mengelupas. Itu lapis aspal yang baru, di bawahnya ada aspal lagi,” ujar Ade. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan