Kue Lemang Hidangan Khas Perayaan Hari Raya Natal

JABAR EKSPRES – Pada perayaan hari raya keagamaan, umumnya terdapat hidangan yang menjadi ciri khas. Hal serupa terjadi dalam perayaan Natal 2023 di Komplek Basis Kelurahan Baros, Kota Cimahi.

Mayoritas penduduk yang beragama Kristen, merayakan Natal dengan mempertahankan tradisi turun-temurun mereka, yaitu menyajikan hidangan khas yang unik sebagai bagian dari perayaan mereka, khususnya bagi mereka yang berasal dari Manado.

Kue Lemang, makanan tradisional Manado, Sulawesi Utara, sering dihidangkan dalam perayaan Natal. Terbuat dari beras ketan, hidangan ini mencerminkan kekayaan kuliner budaya lokal yang menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi merayakan Natal di Manado.

BACA JUGA: Warga Komplek Basis Cimahi Rayakan Natal dengan Sukacita dan Toleransi

“Di sini kita biasanya membuat Kue Lemang, itu khas Manado jadi setiap perayaan Natal pasti kita buat kue itu, sudah turun temurun,” ucap Yongky Martin Malonda (64), seorang tokoh masyarakat di Komplek Basis pada Jabar Ekspres, Minggu, 25 Desember 2023 di kediamannya usai perayaan Natal.

Dia menceritakan, di setiap wilayah Indonesia, Kue Lemang memiliki variasi yang berbeda. Perbedaan utamanya terletak pada campuran bumbu yang digunakan.

“Kue Lemang ada juga dari Padang dan Banten, beda dari ramuan. Bedanya ramuan herbal kalau untuk dari Manado, berbeda itu karena takut ada orang yang suka dan ada yang tidak,” ucapnya.

Proses pembuatan kue Lemang khas Manado membutuhkan kesabaran dan keahlian. Beras ketan, jahe, sereh, bawang merah, dan santan dicampur jadi satu sebelum dimasukkan ke dalam bilah bambu yang sudah dilapisi daun pisang.

“Memasaknya selama 2 jam agar menghasilkan kelezatan kue tradisional yang kaya cita rasa,” ungkapnya.

Yongky menjelaskan, untuk memasak Kue Lemang yang tidak bisa sembarangan, karena perlu keahlian khusus agar cita rasa dari kue tersebut lebih terjaga.

“Cara masaknya pun beda, tidak sembarang, tangan benar-benar harus bersih, cara masaknya di bakar menggunakan batok kelapa dan harus disimpan secara perlahan,” jelas Yongky.

Untuk menikmati kue Lemang, Yongky berbagi pengalamannya dengan mengkombinasikannya dengan ikan cakalang agar lebih menggugah selera saat menikmatinya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan