Kirmir di Maleer Bandung Ambruk Akibat Hujan Deras, Begini Kronologisnya

JABAR EKSPRES – Peristiwa longsor menerjang pemukiman padat penduduk di wilayah area Jalan Maleer Utara, tepatnya di wilayah RT04/RW04, Kelurahan Maleer, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung pada Senin, 25 Desember 2023.

Ketua RT04 di RW04 Kelurahan Maleer, Aji menyampaikan, kejadian bermula saat dirinya mendengar suara dentuman cukup kencang.

“Pada malam hari kemarin terjadi hujan deras, jadi aliran sungai anak kali Cikapundung meluap,” katanya.

“Saya dan warga mendengar suara kirmir ambruk dan ketika di cek kirmir di depan rumah sudah dalam kondisi ambruk,” tukasnya.

BACA JUGA: Angin Puting Beliung Terjang 3 Kecamatan di Kabupaten Bandung, 90 Rumah Rusak

Ketika dikonfirmasi, Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana membenarkan, adanya peristiwa kirmir yang ambruk di Kelurahan Maleer.

“Kirmir ambruk sekitar pukul 00.45 WIB dini hari. Kita terima laporan pukul 10.22 WIB dan anggota langsung meluncur respons time sekitar 6 menit ke lokasi,” kata Gun Gun kepada Jabar Ekspres, Senin (25/12).

Dijelaskan, kronologi peristiwa terjadi ketika wilayah Kelurahan Maleer diguyur hujan deras, sehingga mengakibatkan aliran sungai anak dari Kali Cikapundung meluap.

“Kemudian mengakibatkan kimir di Jalan Maleer Utara retak dan ambruk, bahkan Jalan Maleer Utara juga kondisinya retak,” ujar Gun Gun.

Dia menerangkan, akibat retaknya Jalan Maleer Utara setelah terjadinya kirmir yang ambruk itu, sementara ini akses tidak bisa di lewati warga dan kendaraan roda dua.

Gun Gun menyampaikan, selain Jalan Akses Maleer Utara di RT04/RW04 yang terdampak, untuk sementara di tutup menggunakan tangga agar tak dilewati warga.

“Terdampak lainnya itu rumah warga milik ibu Eli dihuni 1 KK 3 jiwa, terancam dampak longsoran kirmir roboh di titik pertama,” terangnya.

Gun Gun mengungkapkan, warga lain yang terdampak robohan kirmir, yakni rumah milik Parno yang dihuni 1 KK 2 jiwa, terancam dampak longsoran kirmir roboh di titik kedua.

Kemudian bangunan milik Ocin yang dihuni 3 KK 12 jiwa, terancam dampak longsoran Kirmir roboh di titik kedua. Adapun kondisi rumah-rumah warga yang terancam longsoran kirmir roboh itu, tidak perlu mengungsi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan