Syarat dan Gaji KPPS Pemilu 2024, 1 Hari Kerja Dapat 1 Jutaan

JABAR EKSPRES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan persiapan untuk pemilihan umum 2024, salah satunya dengan merekrut anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024.

Anggota KPPS Pemilu 2024 ini dipilih dari masyarakat Indonesia yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh KPU. Setiap calon anggota KPPS akan diseleksi untuk dinilai kelayakannya dalam menjalankan tugas sebagai KPPS.

KPPS merupakan singkatan dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara, kelompok yang dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS). PPS merupakan lembaga pengawas pemilu di tingkat kelurahan/desa yang dibentuk oleh KPU. Setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) memiliki satu regu KPPS yang terdiri dari tujuh anggota dengan seorang ketua.

Tugas KPPS Pemilu 2024

Tugas KPPS meliputi mengumumkan dan menyerahkan daftar pemilih tetap kepada peserta atau saksi peserta pemilu di TPS dan pengawas TPS, mengawasi pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS, serta membuat dan menyerahkan laporan berita acara dan sertifikat hasil pemungutan dan penghitungan suara kepada saksi peserta pemilu, pengawas TPS, PPS, dan PPK.

KPPS memiliki tiga kewenangan berdasarkan peraturan KPU No. 8 Tahun 2022, yaitu mengumumkan hasil penghitungan suara di TPS, melaksanakan wewenang lain yang diberikan oleh KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS sesuai dengan peraturan perundang-undangan, serta melaksanakan wewenang lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga: Tugas Anggota KPPS 1-7 Pemilu 2024 dan Link PDF Panduan

Gaji KPPS

Gaji KPPS pemilu 2024 mengalami kenaikan lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan periode sebelumnya. Pada 2019, gaji anggota KPPS hanya sebesar Rp 500 ribu. Namun, pada tahun 2024, gaji ketua KPPS sebesar Rp 1.200.000 dan anggota KPPS sebesar Rp 1.100.000.

Persyaratan Daftar KPPS

Pendaftaran petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 2024 telah dibuka sejak Senin (11/12). Salah satu syarat dokumen yang harus dilampirkan untuk mendaftar adalah daftar riwayat hidup.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan persyaratan penerimaan KPPS melalui Keputusan KPU Nomor 476 Tahun 2022. Dalam keputusan tersebut, dilampirkan format daftar riwayat hidup calon anggota KPPS. Persyaratan pendaftaran KPPS Pemilu 2024 termasuk memenuhi kriteria usia, kewarganegaraan, kesetiaan kepada Pancasila, integritas, kepribadian yang kuat, jujur dan adil, bukan anggota partai politik, berdomisili di wilayah kerja KPPS, bebas dari penyalahgunaan narkotika, berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas, dan tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan