Hari Ini, Batas Akhir Usulan Panelis Debat Capres-Cawapres Pemilu 2024

JABAR EKSPRES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah mempersiapkan daftar usulan moderator dan panelis yang akan memandu debat dalam rangka menuju Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Selain itu, KPU juga memberikan kesempatan kepada masing-masing tim pasangan calon (paslon) yang akan maju dalam kontestasi Pemilu 2024 untuk memberikan nama-nama panelis yang akan andil dalam acara debat kali ini.

KPU menentukan waktu penyerahan nama-nama panelis tersebut sampai dengan Jumat, 8 Desember 2023.

Menurut Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, panelis akan bertugas untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang relevan terhadap masing-masing tema.

Baca juga: Terseret Kasus Dugaan Gratifikasi dan TPPU, KPK Periksa Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta

Panelis kan diundang untuk merumuskan kira-kira dari topik itu atau tema itu, pertanyaan-pertanyaan yang penting atau perlu diajukan kepada masing-masing capres-cawapres,” ujarnya pada jumpa pers di Gedung KPU, Rabu 6 Desember 2023.

Hasyim juga menjelaskan pihaknya segera mengumumkan panelis-panelis yang ditunjuk untuk andil dalam debat kali ini apabila sudah mencapai keputusan final.

Diketahui, debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024, akan dilaksanakan sebanyak lima kali. Yakni pada Desember 2023 sampai dengan Februari 2024.

Dengan komposisi debat capres sebanyak tiga kali dan debat cawapres dilakukan sebanyak dua kali.

Debat pertama yang akan dilaksanakan pada 12 Desember 2023, akan mengangkat tema hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi dan penguatan demokrasi.

Sedangkan pada debat kedua yang akan dilangsungkan pada 22 Desember 2023 mendatang, mengutamakan tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Kemudian, pada 7 Januari 2024 akan dilaksanakan debat ketiga, dengan mengangkat tema utama ekonomi, yang meliputi kerakyatan dan digital, kesejahteraan sosial, investasi perdagangan, pajak (digital), infrastruktur, keuangan, dan pengelolaan APBN.

Setelah itu, KPU akan melaksanakan debat keempat yang jatuh pada 21 Januari 2024 dengan yang mengambil tema, energi, sumber daya alam, pajak karbon, pangan, lingkungan hidup, dan agraria, serta masyarakat adat.

Terakhir, yaitu debat kelima, akan dilakukan pada 4 Februari 2024 mendatang dengan mengangkat tema teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan, dan ketenagakerjaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan