Jelang Pemilu, Begini Cerita Pembuat Topi Custom di Kabupaten Bandung yang Kebanjiran Order

JABAR EKSPRES – Menjelang Pemilu 2024, para penjual atribut kampanye kini kebanjiran orderan, baik itu dalam bentuk pakaian, syal, hingga topi. Tak terkecuali salah satu pengusaha topi bernama Muhammad Ilham Maulana (24) asal Cigondewah, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung.

Mengusung penjualan topi custom, Ilham kebanjiran orderan baik itu dari partai politik, Calon Legislatif (Caleg), hingga ketiga pasangan Calon Presiden di pemilu 2024. Bahkan penyelenggara pemilu seperti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) hingga Komisi Pemilihan Umum (KPU) memesan topi kepadanya dalam jumlah yang tidak sedikit.

“Alhamdulilah memasuki tahun pemilu banyak pesanan dari partai, Caleg, hingga Capres,” ujar Ilham saat ditemui rumah produksinya, Jumat (8/12/2023).

Ilham menjelaskan, pemesanan topi untuk para calon presiden yang berkontestasi di pemilu 2024 dilakukan oleh para tim kampanyenya.

Dirinya pun menyebut bukan hanya satu pasangan Capres melainkan ketiga pasangan yang berkompetisi.

“Memang bukan hanya satu pasangan, tapi ketiganya juga pesan disini langsung itu juga yang datang sama tim kampanyenya,” katanya.

Ilham menyebut ketiga pasangan capres tersebut juga memesan dengan jumlah yang berbeda. Bahkan sebagian sudah dikirim.

“Ada mungkin seribu lebih, tapi sebagian sudah ada yang selesai dikerjakan terus sudah ada yang dikirim juga. Kalau jumlahnya juga beda-beda, ini juga ada yang masih contoh sudah disetujui sekarang lagi penggarapan,” tuturnya.

Untuk harga pembuatan produksi ini di banderol dengan harga Rp 10.000 hingga Rp 15.000 paling rendah.

Namun, untuk pembuatan topi ketiga pasangan Capres ini disesuaikan dengan harga dan kualitas yang sudah disepakati.

“Harga yang disepakati lumayan cukup masuk untuk biaya produksi, yang jelas untuk topi Capres ini enggak paling murah dan disesuaikan juga,” ungkapnya

Selain itu, Ilham mengaku sangat bangga dan puas bisa mengerjakan pesanan topi dari ketiga pasangan Capres ini.

Dirinya berharap ke depannya para Capres ini bisa kembali memesan topi kepadanya.

“Semoga hasilnya memuaskan, kalau mereka puas, mudah-mudahan bisa pesan lagi ke sini,” terangnya.

Tak hanya pasangan Capres, Ilham menyebut jika partai dan para Caleg hingga penyelenggara pemilu ikut memesan topi kepadanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan