Tingkatkan Kecepatan Pelayanan, BPJS Kesehatan Implementasikan I-Care JKN di Seluruh RS

JABAR EKSPRES – Untuk meningkatkan kualitas layanan pada peserta JKN, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi beserta seluruh rumah sakit provider mitra terus berkolaborasi dan berinovasi.

Salah satunya dengan RS Mitra Kasih Kota Cimahi melalui pemanfaatan aplikasi fitur i-Care JKN yang memberikan pelayanan lebih cepat dan mudah.

i-Care JKN (Informasi Pencarian Riwayat Pelayanan Kesehatan) merupakan aplikasi terbaru yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan berupa informasi riwayat pelayanan kesehatan yang terintegrasi bagi Peserta JKN dalam rentang satu tahun terakhir.

Direktur RS Mitra Kasih Cimahi, Riezky Danang Dadi mengatakan, kehadiran i-Care JKN membawa banyak manfaat. Salah satu diantaranya adalah memudahkan dokter dalam mengetahui riwayat pelayanan kesehatan pasien.

”Melalui i-Care JKN ini juga mempermudah koordinasi antarfasilitas kesehatan (faskes),” kata Riesky, Selasa (5/12).

Dia menjelaskan, i-Care JKN menampilkan data rekam medis pasien di rumah sakit melalui skema integrasi Electronic Medical Record. Data pasien akan secara otomatis muncul pada monitor dokter yang menangani pasien tersebut.

”Kami sudah menjalankan i-Care ini sejak Oktober lalu. Perubahannya memang cukup terlihat, yang dulunya pasien menunggu agak lama sekarang tidak lagi. Bisa dilihat dari yang antre, tidak sebanyak waktu dulu,” bebernya.

Riezky menambahkan, i-Care JKN merupakan wujud implementasi transformasi mutu layanan JKN, yaitu mudah, cepat dan setara. Pihaknya pun berharap agar i-Care JKN ini dapat berjalan dengan optimal di RS Mitra Kasih Cimahi.

”Transformasi mutu layanan digital yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan ini sangat membantu dalam mengurai dan mengatasi penumpukan antrean di fasilitas kesehatan, baik di pendaftaran maupun di poli rawat jalan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Cecep Heri Suhendar mengakui jika adanya i-Care JKN bisa mengurangi kepadatan antrean di rumah sakit dan memangkas waktu tunggu Peserta JKN.

”Saat ini, i-Care JKN telah terimplementasi di seluruh rumah sakit di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Cimahi,” ungkapnya.

Tak sekadar berperan sebagai jembatan informasi antara faskes dan peserta JKN, aplikasi i-Care JKN juga bisa meningkatkan akurasi diagnosa dan perawatan yang diberikan. Adapun informasi yang dapat diakses melalui i-Care JKN meliputi detail diagnosis, tindakan medis, faskes pemberi layanan, dan tanggal pelayanan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan