13 Lokasi di Kota Bogor Dilanda Bencana, Ratusan Rumah Terendam Banjir

JABAR EKSPRES – Sebanyak 13 lokasi di wilayah Kota Bogor dilanda bencana imbas derasnya guyuran hujan yang terjadi pada Minggu (26/11) sore hingga malam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor mencatat, dari jumlah tersebut 9 di antaranya mengalami kejadian banjir lintasan dan 4 lokasi lainnya diterjang tanah longsor.

Sedikitnya dilaporkan total terdapat 207 rumah di wilayah Kecamatan Bogor Utara dan Bogor Barat terendam banjir lintasan.

“Akibat tingginya intensitas hujan kemarin itu berdampak banjir lintasan disejumlah permukiman warga, didominasi wilayah Bogor Utara yakni kawasan Kelurahan Tanah Baru, Cibuluh, Ciparigi dan Tegal Gundil,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Teofilo Patrocinio Freitas saat dihubungi Senin, 27 November 2023.

BACA JUGA: 24 Kecamatan di Kabupaten Bogor Rawan Bencana Akibat Peralihan Musim

Dari hasil penanganan di lokasi kejadian, BPBD mencatat, banjir lintasan yang terjadi di wilayah Bogor Utara akibat meluapnya aliran air dari Kali Cibuluh, Kali Ciparigi, Kali Ciheleut dan Kali Cibagolo sehingga merendam sekitar permukiman warga hingga ada yang mencapai ketinggian 1,5 meter.

“Seperti kejadian di Kampung Ciheleut, Cibuluh merendam 63 rumah dengan ketinggian mencapai 1,2 meter. Akibat luapan aliran air Kali Ciheleut serta dampak dari adanya proyek pembangunan (SMAKBO) gedung sekolah disekitar lokasi,” papar Teofilo.

Sementara untuk di Kecamatan Bogor Utara tepatnya di wilayah Jalan Perumahan Siti Hasanah, Kelurahan Pasir Kuda, akibat meluapnya aliran air Kali Cikaret serta banyaknya sampah home industri yang menyumbat saluran pembuangan air.

“Di lokasi itu sekitar 25 rumah terendam banjir dengan ketinggian hingga 1 meter,” imbuhnya.

Terkait kejadian tanah longsor terjadi di tiga wilayah kecamatan yakni, Kampung Gang M. Tarmidi RT 003/RW 006 Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah dan Kampung Wargamulya RT 002/RW 003 Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur.

Kemudian, dua titik di wilayah Kecamatan Bogor Selatan yakni di Kampung Lemah Duhur RT 004/RW 001 Kelurahan Mulyaharja dan di Jalan Raya Cibeureum RT 003/RW 005 Kelurahan Mulyaharja.

BACA JUGA: Pemprov Jabar Siagakan Seluruh Personel BPBD Untuk Menghadapi Ancaman Bencana Hidrometeorologi

“Untuk kejadian tanah longsor pihak BPBD Kota Bogor sudah memberikan bantuan berupa terpal serta pemasangan terpal dilokasi kejadian,” ungkap Teofilo.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan