Back to Back! Bagnaia Berhasil Pertahankan Gelar Juara Dunia MotoGP

Jabar Ekspres – Francesco Bagnaia atau akrab dipanggil juga dengan Pecco berhasil mempertahankan gelar juara dunia MotoGP 2023 setelah pesaing terdekatnya, Jorge Martin, terjatuh di lap keenam Grand Prix Valencia, Minggu (26/11/2023).

Dengan kemenangan ini, Bagnaia menjadi pembalap ketiga yang mampu merebut gelar juara dunia MotoGP secara beruntun, setelah Marc Marquez (2019-2020) dan Valentino Rossi (2008-2009).

BACA JUGA: Pertarungan Sengit di Valencia, Bagnaia vs Martin: Siapa yang Akan Menang?

Bagnaia memulai balapan dari posisi terdepan setelah Maverick Vinales, yang seharusnya start dari posisi pertama, terkena penalti. Martin sendiri start dari posisi keenam.

Pecco langsung memimpin di dua lap pertama, sementara Martin berusaha mengejar. Namun, pada lap ketiga, Martin menubruk motor Bagnaia di Tikungan 1. Bagnaia berhasil mempertahankan kendali motornya, harus melebar ke posisi kedelapan.

Martin sempat bangkit dan mencoba menyalip kembali, tetapi pada lap keenam, ia kembali terjatuh setelah terlibat kontak dengan Marc Marquez. Kecelakaan ini membuat Bagnaia mengunci gelar juara dunianya.

Pecco sempat disalip oleh duo pembalap pabrikan KTM, Brad Binder dan Jack Miller, tetapi ia kembali merebut posisi terdepan setelah Binder melakukan kesalahan dan Miller terjatuh.

Pada tiga lap terakhir, Bagnaia sempat mendapat tekanan dari Fabio Di Giannantonio dan Johann Zarco, tetapi ia berhasil mempertahankan posisinya dan finis di posisi pertama. Di Giannantonio dan Zarco melengkapi podium MotoGP Valencia.

BACA JUGA: Jorge Martin Ungkap Dirinya Hancur Secara Mental dalam Perebutan Gelar Juara Dunia MotoGP 2023

Meskipun gagal meraih gelar juara dunia, Martin memberi selamat untuk rivalnya yang telah berhasil meraih gelar juara dunia 2023.

“Selamat untuk Pecco. Ini adalah pertama kalinya saya bersaing di (final) perebutan gelar juara dunia. Saya berharap musim depan bisa tampil lebih baik dari ini,” kata Martin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan