Benarkah TikTok Shop Bakal Buka Lagi di Indonesia, Kapan?

JABAR EKSPRES – Kabar mengenai kembalinya TikTok Shop bakal buka lagi di Indonesia semakin menguat. Layanan dagang TikTok Shop tampaknya akan kembali beroperasi di Tanah Air setelah sebelumnya mengalami larangan.

Informasi tersebut telah dikonfirmasi oleh Asisten Deputi Pembiayaan dan Investasi UKM, Deputi Bidang UKM di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenKopUKM), Temmy Satya Permana.

Rencana dagang TikTok Shop bakal buka lagi di Indonesia akan dilakukan dengan menggandeng salah satu perusahaan e-commerce lokal. Meskipun demikian, Temmy belum memberikan rincian lebih lanjut mengenai perusahaan e-commerce mana yang akan bekerja sama, termasuk informasi terkait waktu peluncuran TikTok Shop tersebut.

“Nanti ada bocorannya. Ada beberapa versi sudah saya dengar, tapi saya belum berani ngomong. Tapi kemungkinan dia akan bergabung dengan (e-Commerce lokal), kemungkinan ya karena kalau dari bikin PT sendiri sepertinya tidak,” ujar Temmy dikutip dari Antara, Jumat (17/11/2023).

BACA JUGA: Game Viral di TikTok Diduga Sesat Bahayakan Anak, Ini Cara Orang Tua Cegah Anak Bermain Game Online

Temmy mengungkapkan bahwa pemerintah juga tidak bisa mengatur apalagi melarang apabila TikTok ingin bekerja sama dengan e-Commerce lokal. Asalkan dengan syarat, harus mematuhi peraturan yang berlaku di Indonesia.

Seperti yang diketahui, Kementerian Perdagangan telah mengeluarkan larangan bagi TikTok Shop untuk melakukan transaksi jual beli di platformnya. Sehingga TikTok Shop secara resmi dihentikan operasionalnya di Indonesia mulai 4 Oktober 2023.

Langkah ini diterapkan demi melindungi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, sekaligus memastikan keamanan data pengguna. TikTok dianggap melanggar regulasi pemerintah Indonesia lantaran media sosial tidak dapat digabungkan dengan e-commerce.

BACA JUGA: Tampung Aspirasi, TikToker Curhat dan Keluhkan Penutupan TikTok Shop di Hadapan Ganjar Pranowo

Pelarangan ini tentu menjadi pukulan berat bagi TikTok, termasuk TikTok Shop, mengingat platform video pendek tersebut memiliki jumlah pengguna aktif sangat banyak di Indonesia.

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan