Terapi Pengobatan Alternatif yang Sesuai dengan Sunnah Rosulullah

JABAR EKSPRES – Pengobatan alternatif ditengah masyarakat beragam jenisnya, ada yang menggunakanberbagai media untuk menyembuhkan penyakit pasien. Namun hanya ada beberapa jenis terapi pengobatan alternatif yang sesuai dengan sunah Rosulullah.

Hal ini sangat penting untuk diketahui, karena tidak sedikit yang menggunakan kedok terapi pengobatan alternatif namun ternyata menipu, atau malah terkait dengan perilaku syirik.

Untuk menghindarinya, umat Islam perlu mengetahui apa saja terapi pengobatan yang diijinkan atau yang sesuai dengan sunnah dari Rosulullah, agar tidak sampai terjerumus dalam dosa.

Karena sejatinya, mencari penyembuhan merupakan salah satu ikhtiar dalam Islam yang merupakan kewajiban bagi seseorang yang sedang diberikan nikmat sakit.

Baca juga : Manfaat Puasa Sunnah untuk Kesehatan Fisik dan Spiritual

Perintah tersebut dapat dilihat dari buku Fiqh Sunnah karya Sayyid Sabiq yang memuat beberapa hadis yang memerintahkan orang sakit untuk berobat, diantaranya:

Penjelasan bahwa Sakit datangnya dari Allah SWT, terdapat dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Tirmidzi.

Rasulullah SAW bersabda:

“Berobatlah kalian, sesungguhnya Allah tidak menurunkan penyakit kecuali Allah juga menurunkan obatnya, kecuali satu yaitu pikun”. (HR Abu Daud dan Tirmidzi)

Sedangkan penjelasan tentang setiap penyakit ada obatnya:

Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah tidak menurunkan penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obat atasnya. Untuk itu, berobatlah kalian.” (HR Nasai, Ibnu Majah, dan Hakim)

Sehingga kesembuhan dari Allah SWT juga dijelaskan dalam hadis berikut:

Rasulullah SAW bersabda:

“Setiap penyakit (pasti) ada obatnya. Dan apabila obat mengenai penyakit, maka penyakit itu akan sembuh dengan izin Allah.” (HR Muslim)

Pengobatan alternatif yang sesuai dengan sunnah Rasulullah dapat mencakup berbagai metode yang dianjurkan atau dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Terapi pengobatan alternatif yang sesuai dengan sunnah Rasulullah antara lain:

1. Terapi Bekam (Hijamah):

Bekam adalah prosedur pengobatan tradisional Islam yang melibatkan penyedotan darah di area tertentu pada tubuh. Rasulullah SAW menganjurkan bekam sebagai metode pengobatan. Hadits yang menyebutkan tentang bekam antara lain:

“Sesungguhnya setiap penyakit ada obatnya. Jika obatnya cocok dengan penyakitnya, maka dia sembuh dengan izin Allah. Bekam adalah dari pengobatan itu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan