Para Ulama dan Kiai Jaringan Ahlussunah Wal Jamaah Mantap ke Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024, Bagini Alasan!

GARUT – Sejumlah ulama dan kiai pimpinan pondok pesantren (ponpes) di Garut dan Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar), yang tergabung dalam Jaringan Ahlussunah Wal Jamaah Indonesia, memberikan dukungan kepada pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2024.

Dukungan para ulama dan kiai Jaringan Ahlussunah Wal Jamaah Indonesia itu, dilakukan usai mengikuti kegiatan halaqoh kebangsaan di Ponpes Al-Kamilah di Desa Mekarsari, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, Jabar, Kamis (16/11).

Mereka pun menaruh harapan pada Ganjar-Mahfud untuk bisa memimpin Indonesia dan melakukan pemberdayaan pada pondok-pondok pesantren di pelosok daerah.

Harapan tersebut disampaikan salah satu peserta halaqoh, KH Uus Koswara yang juga merupakan pimpinan Ponpes Darut Taqwa di Garut.

“Kami ingin Pak Ganjar dan Pak Mahfud bukan hanya melirik, tapi melihat keberadaan pesantren-pesantren di pelosok yang sangat membutuhkan uluran tangan dari pemerintah. Sehingga keberadaan pesantren insyaallah menjadikan wasilah majunya suatu bangsa dan negara,” ujar Uus.

Dia menilai bahwa Ganjar-Mahfud adalah figur agamis dan nasionalis yang cerdas serta berintelektual tinggi. Terlebih KH Uus juga menyebut bahwa keduanya berada di usia yang pas untuk menjadi presiden dan wakil presiden.

“Oleh karena itu, kami sepakat dengan para kiai di di halaqoh ini sekaligus mengajak jamaah semua  pada  pemilihan pilpres nanti untuk menyalurkan aspirasi dukungan kita kepada pasangan nomor tiga, yaitu Pak Ganjar dan Pak Mahfud.” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan pengasuh Ponpes Al-Kamilah, Aceng Ahmad Jalaludin. Ia menilai bahwa pihaknya memilih dan mendukung Ganjar-Mahfud karena kedekatannya dengan masyarakat. Ganjar, disebutnya tidak pernah memberikan sekat dengan masyarakat.

“Pak Ganjar Pranowo itu sangat dekat dengan masyarakat dan berintegritas. Seolah-olah dengan masyarakat itu tidak ada jarak,” ujarnya.

Figur Ganjar yang juga dikenal dengan dengan kalangan ulama dan santri juga diharapkan Aceng bisa membawa kesejahteraan pada ponpes-ponpes yang ada di seluruh Indonesia.

Aceng meyakini, Ganjar-Mahfud mampu meningkatkan pengembangan ponpes di Indonesia melalui program kemandirian ekonomi pesantren yang diketahui pernah ia gagas di Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan