5 Amalan Sunnah di Hari Jumat untuk Perempuan!

JABAR EKSPRES – Hari Jumat, dalam agama Islam memiliki makna dan kedudukan yang istimewa. Ini adalah hari yang penuh berkah dengan banyaknya amalan sunnah.

Ada beberapa amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh perempuan dalam rangka mengisi hari Jumat dengan keberkahan dan juga kebaikan.

Baca Juga: Dibalik Sunnah Makan Menggunakan Tangan Kanan, Ternyata Ada Makna Penting Didalamnya

Jumat mendapat julukan sebagai sayyidul ayyam atau rajanya hari. Jika menilik ke belakang, Jumat memang hari yang spesial.

Nabi Adam dan bertemunya dengan Siti Hawa di Jabal Rahmah terjadi pada hari Jumat. Bahkan, pertemuan ini menjadi latar belakang penamaan Jumat.

Dalam artikel ini, ada lima amalan hari Jumat yang dapat dilakukan oleh perempuan untuk mendapatkan manfaat spiritual yang besar.

Berikut 5 Amalan Sunnah untuk Perempuan:

  1. Shalat Jumat dan Membaca Surat Al-Kahfi

Salah satu amalan utama di hari Jumat adalah menunaikan shalat Jumat. Perempuan diizinkan untuk shalat Jumat di masjid jika mereka mau, atau mereka dapat melaksanakannya di rumah.

Setelah menunaikan shalat Jumat, dianjurkan untuk membaca Surat Al-Kahfi. Surat ini mengandung banyak hikmah dan pelajaran yang dapat memperkuat iman kita. Membacanya di hari Jumat adalah amalan yang sangat dianjurkan.

  1. Memperbanyak Dzikir dan Doa

Di hari Jumat, perempuan dapat memperbanyak dzikir dan doa. Mengingat Allah (dzikir) adalah cara untuk mengisi hati dengan ketenangan dan kebahagiaan.

Selain itu, kita juga dapat berdoa untuk kebaikan diri sendiri, keluarga, dan umat Islam secara umum. Ini adalah momen yang tepat untuk memohon ampunan, keselamatan, dan keberkahan.

  1. Memberi Sedekah

Salah satu amalan hati Jumat yang sangat dianjurkan adalah memberi sedekah. Perempuan dapat memberikan sedekah kepada yang membutuhkan, baik itu dalam bentuk uang, makanan, atau barang-barang lainnya.

Memberi sedekah adalah tindakan mulia yang dapat membersihkan hati dan mendatangkan keberkahan.

  1. Bersilaturahmi

Hari Jumat juga adalah waktu yang baik untuk bersilaturahmi dengan keluarga, teman-teman, dan tetangga. Menjaga hubungan baik dengan sesama adalah bagian penting dari ajaran Islam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan