Ganjar – Mahfud MD Gagas Layanan Birokrasi Secara Digital

JABARESPRES – Keberadaan birokrasi yang ada di pemerintahan bagi pasangan Capres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan menjadi perhatian serius dengan dilakukan penataan sistem secara digital jika menang menjadi Capres.

Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud MD Chiko Hakim mengatakan, di era digital kemajuan digitalisasi sudah menjadi kebutuhan di berbagai sektor kehidupan.

Dengan begitu, pelayanan birokrasi kepada masyarakat dilakukan dengan mudah dan efesien.

‘’Jadi peran digitalisasi birokrasi adalah keniscayaan yang tak terelakkan menuju era 5.0,’’ kata Chiko dalam keterangannya.

Chiko menilai, saat ini digitalisasi mengambil peran tehadap kehiduan sehari-hari manusia yang menuntut elayanan serba cepatt dan instan.

Untuk itu, pengembangan sistem digitalisasi di pemerintahan harus dlakukan secara menyeluruh diberbagai sektor.

Digitalisasi punya peran penting untuk mengubah paradigma terhadap pelayanan birokrat di mata masyarakat yang dinilai masih lamban dan berbelit-belit.

Untuk itu digitalisai diharapkan akan mempercepat pelayanan sehingga dari sisi waktu lebih efesien dan bisa menghemat biaya.

‘’Jadi paradigma baru yang efektif dan efisien akan terwujud, jika asangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menang jadi presiden,” ujarnya.

Melalui digitalisasi, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD juga ingin menekankan keterbukaan dan transparasi untuk publik.

Dia menilai, digitalisasi akan memberikan informasi scarra terbuka dalam e-budgeting, e-planing, dan e-procurement.

‘’Sistem ini nantinya akan terintegrasi dan memudahkan dalam pengambilan keputusan,’’ kata dia.

“Ini juga akan meningkatkan transparansi, akuntabilitas, efektivitas, dan efisiensi pengelolaan sumber daya pemerintah,’’

Dengan sistem digitalisasi ini prilaku korupsi akan dapat ditekan dan tidak memiliki ruang. Digitalisasi birokrasi juga mendekatkan jarak antara masyarakat dan pemerintah.

Hubungan antara pemerintah pusat dan daerah akan mempermudah alur komunikasi ketika membutuhkan informasi antara pelayanan dengan si penyedia informasi.

Digitalisasi membuat birokrasi terupdate secara realtime dan dapat memenui berbagai keluhan masyarakat dan memberikan solusi secara realtime ceat dan tepat.

‘’Ini akan dapat mengantisipasi masalah-masalah di masa akan datang,” cetus Chiko.

Chiko menambahkan, penyediaan layanan digital ini akan dibarengi dengan pembangunan infrastruktur dengan membuat jaringan internet, perangkat lunak, dan perangkat kerasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan