Rebana Expo 2023 untuk Pikat Investor Dalam dan Luar Negeri

JABAREKSPRES.COM, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) melalui Badan Pengelola (BP) Kawasan Metropolitan Rebana menggelar Rebana Expo 2023, Kamis (9/11). Expo yang digelar di Gedung Negara Kota Cirebon itu untuk memikat para investor agar mau menanamkan investasinya ke proyek pengembangan kawasan tersebut.

Kepala BP Kawasan Metropolitan Rebana Bernardus Djonoputro mengungkapkan, expo ini merupakan kelanjutan dari West Java Investment Summit (WJIS) beberapa waktu lalu. “Kami ingin kenalkan (Kawasan Metropolitan Rebana.red) kepada investor yang serius tentang kesempatan berusaha di Kawasan Metropolitan Rebana,” katanya.

Pria yang akrab dipanggil Bernie itu menambahkan, kegiatan ini bakal memberikan kesempatan kepada para investor untuk bisa secara langsung melihat kawasan. Karena mereka bakal diajak berkunjung ke lokasi Bandara International Jawa Barat, Pelabuhan Patimban di Subang, hingga pembangunan Kampus ITB.

“Jadi mereka akan diajak langsung berkendara melintasi Jalan Tol, lihat Kampus ITB, melihat sistem di Pelabuhan Patimban hingga melihat bendungan. Agar mereka juga tau bagaiman kami menyediakan suplai air untuk kebutuhan kawasan,” jelasnya.

Menurut Bernie, kegiatan expo kali ini juga bakal menarik investor sebanyak-banyaknya. Tidak hanya dalam negeri tapi juga investor luar negeri.

“Kami bidik investor dalam dan luar negeri. Sekarang terlihat banyak investor luar negeri yang datang ke acara meski lewat perwakilannya. Ini juga dihadiri perwakilan donor. Seperti Word Bank,” tuturnya.

Rebana Expo 2023 juga memberi kesempatan para investor untuk berinteraksi langsung dengan para tim proyek yang ada di Kawasan Rebana Metropolitan. Mereka adalah para pemeran sentral dalam pengembangan kawasan. Mereka terdiri dari proyek kawasan industri, universitas hingga lokal SMEs.

Di antaranya, dari PT Pelabuhan Patimban Internasional, PT Suryacipta Swadaya, Kertajati Industrial Estate Majalengka, Taifa Industrial Estate, PT BIJB Aerocity Development, hingga Politeknik Manufaktur Bandung.

Bukti menjanjikannya Kawasan Rebana Metropolitan terlihat dari antusias investor untuk berinvestasi dalam pengembangan kawasan di wilayah Jabar itu. Berdasarkan catatan, sedikitnya realisasi investasi pada kuartal ke dua 2023 ini di kawasan tersebut telah mencapai Rp 54,24 triliun. Secara year on year (y-on-y), investasi itu naik 21,9 persen.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan