Polres Ciamis Lakukan Hal ini Guna Cegah Aksi Perundungan di Dunia Pendidikan

JABAR EKSPRESPolres Ciamis berkomitmen untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang aman dan bebas dari perundungan. Untuk mewujudkan hal tersebut, Polres Ciamis Mendatangi setiap sekolah yang berada di Kabupaten Ciamis. Kedatangan personel Polri ke sekolah dalam rangka memberikan pembinaan dan penyuluhan agar tidak ada lagi perundungan di dunia pendidikan.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh personel Polres Ciamis, mulai dari satuan fungsi hingga Polsek jajaran. Salah satunya seperti yang dilaksanakan oleh jajaran Polsek Banjarsari Polres Ciamis yang mendatangi dan memberikan Binluh ke siswa dan guru di SMPN 1 Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa 7 November 2023. Binluh ini disampaikan oleh Kapolsek Banjarsari Polres Ciamis. Penyampaian ini dilaksanakan kepada para guru dan siswa di SMPN 1 Banjarsari.

BACA JUGA: Polres Ciamis Ringkus Tiga Pelaku Curat Hewan Ternak di Sindangkasih Ciamis

Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro melalui Kapolsek Banjarsari AKP Dian Rosdiana menuturkan, kegiatan ini bagian dari pada upaya Polri membantu pemerintah agar tidak ada lagi kasus perundungan di lingkungan sekolah. Ini bagian dari upaya bersama mendidik generasi penerus bangsa yang sukses untuk kemajuan negara.

Kata dia, anggotanya turut memberikan pemahaman kepada para guru. Dimana para guru diberikan sosialisasi mengenai Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

“Kami minta kepada para guru untuk lebih peka terhadap permasalahan siswa. Baik permasalahan di sekolah, rumah ataupun dilingkungan,” katanya.

Tak hanya guru, lanjut dia, anggota turut memberikan pembinaan terhadap anak agar bisa menghindari apa yang namanya bullying. Mulai dari fisikal bullying, verbal bullying, social bullying dan cyber bullying.

BACA JUGA: Polsek Banjarsari Polres Ciamis Distribusikan Bantuan Air Bersih ke Warga Desa Banjaranyar

“Kami mengajak agar para siswa dan siswi apabila ada permasalahan di Sekolah, rumah atau lingkungan agar membicarakan nya dengan Guru atau Wali kelas, menghimbau agar para siswa dan siswi tidak takut untuk melaporkan kepada Guru atau Bhabinkamtibmas dan Babinsa apabila terjadi bullying,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan