Mahasiswa Universitas Subang Jadikan Rest Area Sagalaherang Kawasan Kuliner Desa Wisata

JABARESKPRES – Mahasiswa Universitas Subang menggelar kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertempat di Desa Sagalaherang Kidul, Kabupaten Subang.

Ketua Kelompok satu Mahasiswa KKNM Yanuar Akbar mengatakan, kegiatan KKN ini merupakan bentuk pemberdayaan mahasiswa yang ditugaskan oleh pihak akademik agar mengetahui lebih dekat mengenai pengelolaan desa wisata.

Menurutnya, keberadaan Desa Segalaherang kidul memiliki potensi alam yang sangat bagus sehingga sangat layak untuk dikembangkan lebih lanjut.

‘’Desa ini memiliki letak yang sangat strategis yang banyak dilalui kendaraan dan memliki banyak obyek wisata yang sangat menarik,’’ kata Yanuar dalam keterangannya, Rabu, (25/10).

Menurutnya, potensi wisata yang dimiliki Desa Sagalaherang di Kabupaten Subang ini sudah sangat terkenal. Keberadaan tempat wisata Tirta Alam dan obyek wisata lainnya sangat membantu dalam meningkatkan perekonomian waga desa setempat.

Melihat potensi wisata ini, pihak aparatur desa kemudian memberikan dukungan dengan membuat rest area kawasan wisata kuliner yang dikelola langsung oleh BUMDes.

Kawasan kuliner ini menjajakan berbagai aneka makanan khas dari Kabupaten Subang, Khususnya Desa Segalaherang.

‘’Keberadaan kawasan kuliner ini dikeas dengan konsep Rest Area Bumdes yang beraada di Kampungg Tenggeragung RT.04/RW 06,’’ ujar Yanuar.

Dalam kegiatan KKN tersebut, para mahasiswa turut membantu dengan mendekorasi ulang kawasan kuliner agar lebih menarik.

Selain itu, para mahasiswa juga turut berbagai pengetahuan kepada para pelaku kuliner untuk mempromosikan kawasan kuliner tersebut melalui media sosial.

Tidak itu saja, selama kegiatan KKNM, para mahasswa juga membuat berbagai aneka kegiatan di kawasan Kuliner dengan mengadakan live musik bersama Karang Taruna Kampung Krajan RW 12.

‘’Kegiatan ini sengaja dikemas, agar kawasan kuliner terihat ramai dan meriah, tujuannya tentunya agar menarik para pegunjung,’’kata Yanuar.

Sementara itu Dosen Pembimbing Lapangan Luki Natika, S.Ap.,M.Si dalam sambutannya sangat megapresiasi hasil kreatifitas yag dilakukan para mahasiswa ini.

Menurutnya, keeradaan UMKM di Desa Segalaherang harus terus didorong untuk menigkatkan perekonoian warga desa.

Dalam melakukan kegiatan KKNM ini para mahasiswa sengaja dilibatkan untuk mengetahui dan terlibat langsung dalam pengembangan desa wisata.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan