Hindari Anemia, Ini 9 Makanan Peningkat HB yang Bisa Dicoba

JABAR EKSPRES – Anemia kini menjadi penyakit yang banyak diderita masyarakat, Hal ini karena asupan makanan dan pola hidup yang tidak sehat, membuat banyak orang mengalami kurang darah atau Anemia. Bermain gadget berjam-jam hingga lupa makan, kurang beraktivitas fisik dan tidak pernah olahraga juga bisa memicu terjadinya anemia.

Banyak kita temui orang disekitar kita yang mengeluh pusing, lemah, pucat hingga pingsan, hal ini karena rendahnya kadar hemoglobin (HB) atau sel darah merah sehat dalam tubuh kita, yang menjadi penyebab kurangd arah atau anemia.

Jika kadar hemoglobin terlalu rendah, maka akibatnya, sel-sel dalam tubuh tidak mendapat cukup oksigen dan tidak berfungsi secara normal atau yang sering disebut dengan hipoksemia.

Baca juga : Tahun Ini Angka Kematian Ibu di Jabar Meningkat, Anemia Jadi Perhatian

Gejala Anemia atau kurang darah

Seseorang yang mengalami kadar hemoglobin rendah memang tidak bisa terlihat secara kasat mata, namun gejalanya bisa diketahui dari beberapa keluhan berikut ini :

1. Pusing dan sakit kepala.
2. Lemas dan mudah lelah.
3. Napas pendek.
4. Nyeri pada dada.
5. Kaki dan tangan dingin.
6. Kulit terlihat pucat.
7. Detak jantung tidak teratur.
8. Lebih cepat atau lebih sering mengantuk.

Untuk mengatasi anemia, kita perlu meningkatkan kadar hemoglobin (HB) kembali keangka normal. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi beberapa makanan memiliki nutrisi khusus berupa zat besi.

Makanan Peningkat HB

Berikut beberapa makanan yang kaya zat besi dan dapat membantu dalam pengobatan anemia:

1. Daging Merah

Daging merah, terutama daging sapi, adalah salah satu sumber zat besi hewani terbaik. Daging sapi mengandung heme iron, yang mudah diserap oleh tubuh.

2. Hati

Hati hewani, seperti hati sapi atau ayam, adalah salah satu makanan terkaya zat besi. Ini merupakan sumber zat besi yang sangat baik untuk penderita anemia.

3. Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe adalah sumber protein nabati yang mengandung zat besi. Meskipun zat besi dalam makanan nabati (non-heme iron) lebih sulit diserap dibandingkan dengan heme iron, namun konsumsi tahu dan tempe dapat membantu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan