Contoh Soal TWK Integritas CPNS 2023: Kunci Jawaban dan Pembahasan

JABAR EKSPRES – Berikut contoh soal TWK tentang integritas bagi para pelamar CPNS yang tengah mempersiapkan tes tahapan SKD nanti. Simak contoh soalnya lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan.

Berdasarkan KBBI, integritas adalah mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan atau kejujuran. Sikap integritas juga sebagai wujud keutuhan prinsip moral dan etika bangsa dalam kehidupan bernegara.

Dilansir dari buku Konsepsi Integritas, dijelaskan konsep integritas pada Executive Brain Assessment diklasifikasikan menjadi 3 (tiga) dimensi yaitu kejujuran, konsistensi, dan keberanian. Agar lebih tergambar, simak contoh soal TWK integritas di bawah ini.

Contoh Soal TWK Integritas CPNS

Dilansir dari kanal YouTube Sang Tutor, berikut adalah salah satu contoh soal TWK tentang integritas bagi para peserta CPNS yang tengah mempersiapkan tahapan SKD:

1. Dalam suatu rapat tingkat Rukun Warga (RW) yang membahas program kerja selama satu tahun ke depan. Semua pengurus telah mengajukan rencananya masing-masing. Semua pengurus RW tidak ada yang merasa kalah meskipun usulan beberapa pengurus ada yang tidak disetujui untuk dijadikan program kerja pada tahap voting. Hal yang menunjukan hubungan antara integritas dengan kebhinekaan adalah…

A. Voting kedudukannya lebih tinggi daripada kemanfaatan

B. Kerja keras membuat usulan akan berimplikasi diterimanya usulan

C. Putusan musyawarah cenderung dimenangkan kewibawaan pengusul

D. Integritas terhadap putusan musyawarah walaupun usulannya ditolak demi kepentingan bersama

E Komitmen pada kepentingan bersama akan menghapus kerugian

JAWABAN: D

PEMBAHASAN:

Hal yang perlu digaris bawahi dari soal di atas adalah hubungan antara integritas dan kebhinekaan. Maksudnya adalah masalah persatuan.

Jawaban D ini artinya setiap anggota rapat mau menerima hasil musyawarah dan  dihubungkan dengan persatuan (integritas) yaitu kepentingan bersama. Sehingga ada korelasinya antara integritas dan kebhinekaan.

BACA JUGA: Materi Integritas TWK CPNS PDF: Pengertian dan 9 Nilai Integritas

2. Dalam sidang PPKI yang membahas tentang Piagam Jakarta, para anggota PPKI dari wilayah timur keberatan dengan rumusan sila pertama. Setelah melalui perdebatan dan pendekatan, diambil kesepakatan untuk menghilangkan tujuh kata dalam Piagam Jakarta menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa. Apa yang dilakukan anggota PPKI menunjukan perilaku integritas untuk kepentingan bangsa dan negara, yakni…

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan