FKG dan FK serta Fakultas Farmasi Unjani Beri Penyuluhan Bahan Alam Kesehatan Gigi di Kampung Adat Cireundeu

JABAR EKSPRES – Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Kedokteran (FK), dan Fakultas Farmasi Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) melaksanakan program pengabdian masyarakat (Pengmas) di Kampung Adat Cireundeu Kota Cimahi.

Kegiatan yang bertajuk “Pemeriksaan Kesehatan Gigi Mulut dan Penyuluhan Bahan Alam untuk Kesehatan Gigi Mulut” tersebut dilaksanakan pada Minggu, 15 Oktober 2023.

Kesehatan gigi mulut sebagai komponen penting dalam menjaga kesejahteraan dan kualitas hidup seseorang menjadi salah satu alasan Pengmas Unjani berinisiatif melayani pemeriksaan kesehatan gigi mulut kepada masyarakat di Kampung Adat Cireundeu.

Program tersebut melibatkan dosen dan mahasiswa dalam pemeriksaan gigi mulut pada anak balita dan dewasa. Selain pemeriksaan kesehatan gigi mulut, program ini juga memberikan penyuluhan mengenai pemanfaatan bahan alam untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Kawasan Kampung Adat Cireundeu yang kaya akan alam, dengan berbagai tumbuhannya yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi dinilai dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara alami.

Sehingga dalam kegiatan program Pengmas tersebut, masyarakat diajari cara memanfaatkan berbagai tumbuhan

Ketua tim pengabdian masyarakat Dr.Euis Reni Yuslianti, drg.,M.Kes menyampaikan komitmen kuat dalam mendukung upaya kesehatan masyarakat melalui pendekatan holistik yang melibatkan aspek gigi mulut dan bahan alam.

Sementara itu, Perwakilan Tim Unjani yang juga Ketua Program Studi Sarjana Fakultas Kedokteran Gigi, R. Puteri Nur Fadhilah,drg.,M.KM berharap melalui program pengmas tersebut, masyarakat di Kampung Adat Cireundeu akan lebih memahami pentingnya perawatan gigi dan mulut, serta dapat memanfaatkan sumber daya alam setempat untuk menjaga kesehatan gigi mulut mereka.

Masyarakat Cireundeu terkenal dengan makanan pokoknya berupa rasi (beras singkong) dengan kata lain tanaman singkong merupakan makanan pokok warga kampung adat Cireundeu.

Sehingga, materi yang disampaikan pun terkait potensi singkong untuk kesehatan gigi dan mulut. ”Artinya, tidak hanya sekedar makanan pokok, namun pohon singkong pun dapat dimanfaatkan untuk kesehatan gigi dan mulut,” jelasnya.

Singkong (Manihot esculenta) sendiri mengandung senyawa yang memiliki potensi untuk mendukung kesehatan gigi mulut. Sebab, singkong juga mengandung vitamin C yang penting untuk kesehatan gusi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan