Hendak Ronda Malam, Warga Sukaraja Sukabumi Temukan Ular di Pinggir Sungai

JABAR EKSPRES – Ular dengan jenis Phyton Raticulatus atau yang biasa dikenal dengan nama sanca kembang, berhasil diamankan oleh Tim Pemadam Kebakaran Posko VII Sukaraja, Kabupaten Sukabumi.

Saat dikonfirmasi pada Danton Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Sukabumi, Posko VII Sukaraja, Ade Fery mengatakan awal mula ular tersebut terlihat oleh warga yang hendak melakukan aktivitas ronda malam.

“Jadi warga hendak ronda malam, kemudian menemukan ular tersebut di pinggir sungai, kebetulan ada anggota kita yang tinggal di sana dan bagian rescue juga, langsung melakukan penanganan pada pukul 22.30,” ungkapnya kepada Jabar Ekspres pada Rabu 4 Oktober 2023.

Baca juga: Perbaiki Infrastruktur, Pemkab Cirebon Dorong TPI Ender Kembali Optimal

Sambung Ade, ular tersebut memiliki berat tiga kilogram, dengan panjang mencapai 3 meter. Diamankan di Bayubut, Desa Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi.

Ade juga menduga, ular tersebut sedang mencari mangsa untuk dimakan, ia pun menghimbau masyarakat lebih hati-hati sebab jika reptil tersebut kekurangan makanan di habitatnya, maka akan mencari ke area pemukiman.

“Dengan anomali cuaca seperti ini, sangat mungkin hewan reptil tersebut sesekali memasuki aktivitas manusia,” paparnya.

Masi kata dirinya, ular tersebut kemudian diserahkan kepada komunitas Exalos untuk dikembalikan ke habitat aslinya.

“Tadi ular sudah di serahkan untuk kemudian di lepas liar kan, dan diharapkan kepada masyarakat untuk melapor jika menemukan hewan reptil seperti itu, sebab lebih baik di evakuasi dari pada di bunuh, karena dapat mengganggu ekosistem yang ada,” ujarnya.

Ia juga kemudian menekankan segala bentuk pelayanan yang diberikan oleh damkar itu semua gratis tanpa di pungut biaya apapun. (Mg9).

Baca juga: Soal Kasus RSUD, Pj Bupati Sumedang Sampaikan Maaf Kepada Masyarakat

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan