Tips Penting Yang Perlu Diketahui Dalam Menjaga Tubuh Agar Tidak Bongkok!

JABAR EKSPRES – Punggung bongkok atau postur tubuh yang buruk dapat menjadi masalah kesehatan pada jangka panjang, berikut tips agar tidak bongkok.

Berikut ini penting untuk kamu ketahui beberapa tips untuk membantu menjaga postur punggung yang baik:

  • Kesadaran Postur

Pertama-tama, penting untuk meningkatkan kesadaran tentang postur tubuh kamu sehari-hari. Coba perhatikan bagaimana kamu duduk, berdiri, dan berjalan. Seringkali, kita tidak menyadari bahwa kita telah mengambil posisi yang buruk. 

BACA JUGA: Ketahui Beberapa Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebih!

  • Duduk dengan Baik

Tips agar tidak bongkok dapat kamu perhatikan saat akan duduk, pastikan postur tubuh lurus saat duduk. Gunakan kursi yang nyaman dengan dukungan punggung yang baik.

  • Berdiri dengan Benar

Ketika kamu berdiri, seimbangkan berat tubuh kamu dengan merata pada kedua kaki. Hindari berdiri dengan salah satu kaki terlalu ditekuk atau bergantung pada satu kaki saja.

  • Melakukan Olahraga dan Peregangan

Latihan fisik yang teratur, terutama yang menguatkan otot inti dan punggung, dapat membantu menjaga postur yang baik. Peregangan juga penting untuk mengurangi ketegangan pada otot dan ligamen.

  • Menggunakan Bantuan Postur

Tips agar tidak bongkok kamu bisa gunakan perangkat bantu postur yang dapat membantu kamu mempertahankan postur yang baik, terutama jika kamu bekerja di meja atau komputer sepanjang hari. 

BACA JUGA: Ketahui Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata, Kemungkinan Infeksi Hingga Kerusakan Kornea!

  • Mengatur Posisi Kerja

Jika kamu bekerja di depan komputer, pastikan meja dan kursi kamu diatur dengan baik agar sesuai dengan tinggi tubuh kamu. Monitor harus berada pada tingkat mata kamu sehingga kamu tidak perlu membungkuk untuk melihatnya.

  • Istirahat dan Gerakan

Penting untuk mengambil istirahat reguler selama bekerja atau melakukan aktivitas yang memerlukan postur yang sama dalam waktu lama. Berdiri, berjalan, atau merenggangkan tubuh setiap beberapa jam.

  • Postur Saat Tidur

Gunakan kasur dan bantal yang mendukung posisi tidur yang baik dapat menjadi tips agar tubuh tudak bongkok. Hindari tidur tengkurap, karena dapat menyebabkan tekanan pada leher dan punggung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan