Pemkot Bandung Libatkan Lagi Stakeholders Guna Atasi Sampah dan Banjir

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Dalam menuntaskan segala permasalah yang ada di Kota Bandung. Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono kembali ajak Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) untuk membersamai Pemkot Bandung dalam entaskan masalah sampah dan banjir.

Perlu diketahui, Kota Bandung tengah mengalami masa kedaruratan sampah yang belum usai hingga saat ini. Selain itu, Kota Bandung juga berpotensi tergenang banjir akibat alih fungsi lahan terbuka menjadi terbangun, yang menyebabkan area resapan semakin sedikit.

Maka dari itu, pihaknya kini telah mengeluarkan putusan lewat Intruksi Wali Kota (Inwal) dalam menanggulangi permasalahan tersebut.

“Saya buat Inwal untuk semua stakeholder di Kota Bandung, juga membuat SE untuk mengelola sampah. Sebuah keniscayaan sampah bisa selesai dalam waktu singkat,” ujar Bambang, Jumat 29 September 2023.

Pembuatan keputusan tersebut juga berdasarkan pada Open Data Jabar tahun 2021 yang menyebutkan bahwa dari hasil sampah sebanyak 1.529 ton, Kota Bandung sanggup mengatasi timbunan sebanyak 1.430 ton.

BACA JUGA: Jawab Persoalan Sampah, Instruksi Wali Kota Bandung Disiapkan

“Persentase komposisi sampah itu terbanyak sebesar 44,51 persen berupa sampah makanan dan daun. Sementara persentase komposisi paling sedikit adalah sampah logam yaitu 0,9 persen,” ungkapnya.

Atas hal tersebut, lanjut Bambang, pemerintah mengajak kepada para forum yang tergabung dalam TJSL untuk bersama menuntaskan permasalah sampah yang saat ini masih darurat.

“Tentunya kita harus memberikan kenyamanan untuk masyarakat kota. Hadirnya forum ini sebagai semangat untuk menuntaskan masalah yang ada saat ini,” ungkapnya.

Disisi lain, Ketua Forum TJSL Kota Bandung, Binsar Parasian Naipospos mengatakan, pihaknya siap untuk mengatasi permasalahan sampah yang tengah terjadi di Kota Bandung.

“Mari kita selesaikan darurat sampah ini secara bergandengan tangan. Mudah-mudahan usulan-usulan ini bisa terlaksana,” ungkapnya.

Selain permasalahan sampah, di forum ini turut membahas perihal permasalah infrastruktur jalan dan potensi banjir yang dikayani bakal terjadi saat musim hujan. Maka lewat inwal tersebut, pihaknya siap untuk ditugaskan dalam mengatasi permasalahan banjir. (Dam)

BACA JUGA: Banjir Intai Kota Bandung, Pegiat Lingkungan Soroti Hal Ini!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan