SIL UI Bangun Gerakan Pemilahan Sampah

JABAR EKSPRES – Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (SIL UI) memberikan edukasi untuk meningkatkan gerakan pemilahan dan pemanfaatan sampah UMKM di Kecamatan Sukadiri, Tangerang.

Edukasi tersebut sebagai bentuk kontribusi Sekolah Ilmu Lingkungan terhadap upaya pemanfaatan dan pengelolaan sampah dengan lingkup UMKM. Kegiatan ini berkolaborasi dengan Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (BMI) yang digelar Kamis (28/9).

Menurut ketua Klaster Riset Ekonomi Lingkungan SIL UI, Prof. Kosuke Mizuno mengatakan pengabdian masyarakat mahasiswa UI di Provinsi Banten dipilih dengan latar belakang data yang menunjukkan timbulan sampah yang ditangani oleh Kabupaten Tangerang di Kecamatan Sukadiri pada tahun 2021 baru mencapai 43%, artinya sebanyak 57% sampah tidak terolah dengan baik.

Didukung dengan potensi BMI yang memiliki 100 cabang pelayanan di seluruh Indonesia dan terdapat 2.500 orang anggota masyarakat Desa Sukadiri di dalamnya.

BACA JUGA: HUT Ke-6 Depok24Jam Angkat Tema Lingkungan “Menuju Depok yang Bersih”

Mayoritas anggota koperasi adalah UMKM dengan berbagai jenis kegiatan usaha mulai dari dagang makanan, warung, daging hasil pertanian dan lainnya. Kunci penting dalam pengelolaan sampah adalah pengurangan penggunaan barang sekali pakai (reduce), penggunaan barang kembali (reuse), dan mendaur ulang sampah (recycle).

“Diharapkan dengan gerakan pemilihan dan pemanfaatan sampah yang dihasilkan oleh UMKM dapat meningkatkan pemanfaatan sampah sehingga mengurangi timbulan sampah di TPA,” kata Prof Kosuke Mizuno.

Program tersebut dilakukan dengan 3 langkah yaitu sosialisasi pemilihan dan pengolahan sampah, menjembatani dan mendampingi pihak mitra untuk bekerjasama dengan bank sampah agar anggota koperasi dapat memiliki simpanan dari sampah serta membuat dropbox sampah.

Program tersebut juga tidak hanya bertujuan untuk mengurangi timbulan sampah di TPA, namun juga menambah nilai ekonomi dari hasil sampah yang terpilah. Saat ini, pihak mitra belum melaksanakan sistem bank sampah.

BACA JUGA: Satpol PP Kota Depok Amankan 18 Ribu Batang Rokok Ilegal

Namun, dengan potensi yang besar, pihak mitra ingin bekerjasama dengan bank sampah. SIL UI akan membantu menjembatani pihak mitra dan pihak ketiga bank sampah dan membantu membentuk sistem bank sampah di wilayah kantor koperasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan