Obat Segala Penyakit, ini Keajaiban Habbatusauda dalam Dunia Pengobatan Herbal yang Dianjurkan Rosulullah

JABAR EKSPRES – Siapa Muslim yang belum pernah dengar istilah Habbatusauda. Habbatus sauda atau di Indonesia dikenal dengan sebutan jintan hitam, merupakan tanaman herbal dengan banyak keajaiban karena mampu sembuhkan segala macam penyakit.

Keajaiban Habbatusauda dianjurkannya untuk dikonsumsi oleh manusia, baik ketika sehat untuk menjaga stamina dan metabolisme tubuh, juga saat sedang sakit sebagai ikhtiar pengobatan.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan Rosulullah dalam sebuah Hadits:

“Sesungguhnya pada al-habbatus sauda’ itu terdapat obat dari segala penyakit, kecuali maut.”

Dari hadits tersebut sesungguhnya sudah dapat diketahui bahwa Habbatusauda merupakan obat dari segala penyakit, namun masih banyak yang belum mempercayainya.

Hingga banyak peneliti yang kini membuktikan keajaiban dari Habbatusauda, kandungan yang terdapat didalamnya ternyata bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Baca juga : Kembangkan Obat Herbal Melalui Kampung Toga

Dilansir dari laman ALquransunnah.com, habbatusauda memiliki nama latin Nigella Sativa, yang ternyata sudah dikenal sejak zaman yunani kuno. Konon, raja-raja Yunani dikubur bersama dengan biji-biji Nigela Sativa yang berfungsi untuk mengawetkan mayat.

Ahli pengobatan Yunani kuno, Dioscoredes, pada abad pertama mencatat bahwa Nigella Sativa digunakan untuk mengobati sakit kepala, saluran pernafasan, sakit gigi, dan cacing usus.

Penelitian terbaru membuktikan, biji jintan hitam ini mempunyai kemampuan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, asma bronkial dan bronkitis, rematik dan meningkatkan produksi ASI.

Kandungan Habbatusauda

– Oleat (Omega 9),
– Linoleat (Omega 6),
– Linolenat (Omega 3)
– Minyak-minyak volatile atau minyak esensial
– Fitosterol
– Alkaloid (Nigelleine dan Nigellamine-n-oxide)
– Asam-asam Amino

Jika dicampur dengan ginseng berfungsi sebagai adaptagon untuk menormalkan fungsi organ tubuh dengan cara melancarkan peredaan darah. Ginseng juga berfungsi menguatkan vitalitas.

Khasiat Habbatusauda

Dengan memiliki kandungan yang bermacam-macam Nigella seperti tersebut di atas, maka dapat diperoleh berbagai macam manfaat seperti dibawah ini:

1. Menguatkan sistem kekebalan

Berdasarkan hasil penilitian, jintan hitam dapat meningkatkan jumlah cells T, yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Evektitasnya hingga 72% jika dibandingkan dengan plasebo (hanya 7%).

Dr. Basil Ali dan koleganya dari College of Medicine, di Universitas King Faisal, mempublikasikannya dalam jurnal Pharmasetik Saudi. Keampuhan ekstrak Nigella atau habbatusauda ini diakui oleh Prof. G Reitmuller, Direktur Institut Immonologi dari Universitas Munich, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai bioregulator.

Tinggalkan Balasan