Tips Mencegah Kolesterol Naik saat Makan Daging Kurban

JABAR EKSPRES – Banyak yang khawatir saat mengonsumsi daging kurban akan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Hal ini bisa saja tidak akan pernah terjadi bila tahu bagaimana upaya mencegah dan mengatasi kolesterol saat menyantap dagi Kurban.

Kamu akan mendapat bagaimana caranya mencegah dan mengatasi permasalahan kolesterol paska Hari Raya Idul Adha, dimana stok makanan olahan daging kurban melimpah.

Dengan begitu, kamu tidak akan khawatir lagi terserang penyakit yang diakibatkan dari naiknya kadar kolesterol dalam darah setelah mengonsumsi daging kurban.

Dilansir dari kanal Youtube dr. Zaidul Akbar Official, diketahui beberapa tips untuk mencegah naiknya kadar kolesterol sebelum mengonsumsi daging kurban.

Menurut dr Zaidul Akbar, kolesterol tinggi bukan hanya karena daging kurban saja, melainkan oleh makanan lainnya juga.

Makan daging kurban bisa menyebabkan kolesterol bila dikonsumsi secara berlebihan. Jika kadar kolesterol sudah tinggi bisa menjadi penyebab penyakit serius lain datang seperti serangan jantung hingga menimbulkan kematian.

Karenanya, sebelum mengonsumsi daging kurban, sebaiknya mengonsumsi herbal atau obat-obatan lain terlebih dahulu, hal ini sebagai salah satu upaya pencegahan yang disarankan oleh dr Zaidul Akbar. Selain itu juga dianjurkan memperbanyak puasa.

“Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol adalah dengan berpuasa, percuma minum herbal apabila sumber kolesterolnya tidak distop,” ujar dr Zaidul Akbar.

Baca juga : Beberapa Penyebab Kolesterol di Usia Muda, Simak Pembahasannya!

Dalam videonya dia juga menganjurkan kepada penderita kolesterol tinggi untuk mengurangi makanan berminyak serta tepung. pilihan terbaiknya adalah dengan memperbanyak konsumsi sayur serta buah-buahan agar kolesterol turun hingga batas normal.

Setelah konsisten mengurangi makanan pemicu kolesterol tersebut, dr Zaidul Akbar menyarankan untuk mengonsumsi herbal seperti habbatussauda.

“Minumlah habbatusauda 5 butir di pagi hari dan 5 butir di malam hari, juga rebusan jahe dan kunyit 2 kali sehari,” jelasnya.

Upaya pencegahan lain yang bisa ditempuh adalah dengan melakukan beberapa tips berikut ini :

1. Cara mengolah daging

Usahakan mengolah daging dengan cara yang lebih sehat, yakni menghindari menggunakan santan,

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan