Bantuan Pemerintah Terbaru Untuk Siswa SD, SMP, dan SMA-SMK, Kamu Termasuk yang Beruntung?

JABAR EKSPRES – Pemerintah telah mengumumkan daftar penerima Bantuan Pendidikan (BLT) Program Indonesia Pintar (PIP) Kemdikbud 2023 untuk jenjang SD, SMP, dan SMA-SMK terbaru.

Terlepas dari kondisi ekonomi, semua siswa berprestasi berhak mendapatkan bantuan pemerintah terbaruini. Tidak sabar ingin tahu apakah kamu termasuk yang beruntung? Simak caranya di bawah ini!

Penerima utama BLT PIP Kemdikbud 2023 adalah siswa pemilik Kartu Indonesia Pintar (KIP) jenjang SD, SMP, dan SMA-SMK yang sudah terdaftar.

Baca juga: Yuk, Kantongi Uang BLT Rp 600 Ribu Tanpa Ribet di 2023! Jangan Sampai Terlewat!

Namun, jangan khawatir jika kamu belum memiliki KIP. Kamu bisa mendaftarkan dirimu dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orang tua ke lembaga pendidikan terdekat.

Jika tidak memiliki KKS, mintalah Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW. Dengan langkah ini, kamu akan masuk dalam prioritas penerima BLT PIP 2023.

Besaran Bantuan Pemerintah Terbaru Untuk Siswa

Dana BLT PIP Kemdikbud 2023 akan di salurkan pada tanggal 3 Oktober mendatang. Besarannya berbeda-beda sesuai jenjang sekolah:

  • SD dan sederajat: Rp 450 ribu per tahun
  • SMP dan sederajat: Rp 750 ribu per tahun
  • SMA-SMK dan sederajat: Rp 1 juta per tahun

Tapi, ada kabar gembira untuk siswa SMA-SMK kelas 11 atau kelas 2. Mereka akan menerima bantuan paling besar, yaitu Rp 1 juta!

Bagi yang ingin mengecek apakah nama kamu terdaftar sebagai penerima BLT PIP Kemdikbud 2023, bisa melakukan pengecekan secara online di situs resmi pip.kemdikbud.go.id.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi laman pip.kemdikbud.go.id.
  2. Di laman tersebut, kamu akan menemukan kolom ‘Cari Penerima PIP’.
  3. Isi data NISN, NIK, dan hasil penjumlahan yang di tampilkan.
  4. Klik ‘Cari’, dan informasi tentang penerimaanmu akan muncul. Untuk memastikan dana BLT PIP Kemdikbud 2023 sudah cair, perhatikan aktivasi Surat Keterangan Pemberian (SK Pemberian) di link pip.kemdikbud.go.id.

Baca juga: Punya BPJS Ketenagakerjaan? Ada Uang BLT Rp 700 Ribu Tanpa BSU 2023, Ayo Daftar Sekarang!

Jadi, pastikan kamu sudah menyiapkan NISN dan KTP, dan jangan lewatkan kesempatan untuk menerima bantuan pendidikan yang sangat berarti ini. PIP Kemdikbud 2023 siap memberikan dukungan kepada generasi masa depan!”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan